Inilah 7 Pantai Eksotis di Indonesia Yang Belum Terjamah

140
Penulis
Editor: Alex
Share :

JAKARTA-Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang membentang dari Sabang di ujung barat hingga ke pulau Merauke di ujung timur. Jumlah total pulau di Indonesia baik yang dihuni maupun tidak jumlahnya lebih dari 17.499 pulau.

Luas total wilayah Indonesia adalah 7,81 juta km2 yang terdiri dari 2,01 juta km2 daratan, 3,25 juta km2 lautan, dan 2,55  juta km2  Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Sebagai negara kepulauan, tak heran jika Indonesia memiliki banyak pantai. Sampai saat ini pun banyak wisatawan asing yang ingin berwisata ke Indonesia demi mengunjungi pantai-pantai eksotis.

Saking banyaknya pulau di Indonesia, ternyata masih ada pantai yang belum terkenal atau belum terjamah. Padahal pantai tersebut memiliki pemandangan luar biasa menawan.

Kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga dong dengan pesona alamnya. Jadi tak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Berikut IDN Times rangkum seputar pantai eksotis di Indonesia yang masih belum terjamah? Kira-kira di mana saja ya?

  1. Pantai Adonara
Pantai Adonara Flores

Jika anda berwisata ke Flores, jangan lupa kunjungi destinasi satu ini. Salah satu pantai eksotis yang ada di Indonesia ini bernama pantai Adonara memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan pemandangan yang sangat indah akan menyejukkan mata kamu. Karena pantai ini jarang diketahui, tak heran jika pantai ini sepi. Kamu bisa menyejukkan hatimu juga disini, untuk mendapatkan ketenangan.

2. Pantai Ora

Pantai Ora di Maluku Tengah

Pantai Ora ini terletak di kawasan Maluku Tengah ini menyimpan sejuta keindahan di dalamnya. Air laut yang bening seperti kaca bisa secara langsung memperlihatkan indahnya terumbu karang di dalamnya. Jadi kamu yang ingin berwisata bahari, bisa langsung kunjungi Pantai Ora. Dijamin nggak bakal nyesel deh.

3. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah di Banyuwangi

Pantai Pulau Merah yang berlokasi di Banyuwangi ini memiliki pemandangan yang mengagumkan, lho. Pantainya memiliki pasir putih dan masih jernih. Pantai Pulau Merah ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu adanya bukit kecil yang ada di tengah pantai.

Kamu juga bisa kunjungi bukit itu dengan berjalan kaki, tapi saat air lautnya surut ya. Jika kamu ke pantai ini pada sore hari, kamu akan mendapatkan view terbaik pada saat matahari terbenam. Siapkan kameramu!

  1. Pantai Teluk Kiluan
Pantai Teluk Kiluan di Lampung

Suasana yang sepi dan bisa menikmati deburan ombak di kaki itu yang banyak dicari oleh wisatawan. Jika kamu berkunjung ke Lampung, kamu wajib ke pantai Teluk Kiluan ini.

Kamu tak akan rugi, karena kamu juga akan disuguhi dengan atraksi lumba-lumba dan paus di tengah laut. Jika beruntung, kamu juga akan melihat penyu, karena mereka jarang naik ke permukaan laut.

  1. Pantai Kenawa
Pantai Kenawa di Sumbawa Barat

Pantai Kenawa yang terletak di Pulau Keci bernama Kenawa yang terletak di Kabupaten Sumbawa Barat. Memang belum banyak yang tahu tentang adanya Pulau Kenawa.

Tak heran kalau pantainya pun masih sangat bersih dan belum banyak wisatawan yang tahu. Terumbu karang dan biota laut yang indah akan membuatmu ingin diving atau snorkeling untuk melihat kekayaan alam yang tiada tara.

6. Pantai Pasir Timbul

Pantai Pasir Timbul di Lampung

Selain pantai Teluk Kiluan di Lampung, ada pula Pantai Pasir Timbul yang berada di Pulau Mekko. Pantai ini dinamakan Pantai Pasir Timbul karena setiap kali airnya surut, pasir pantai akan timbul ke permukaan. Kamu juga akan suka dengan bening air laut di sini.

7. Pantai Sarwana

Pantai Sawarna di Banten

Ketika sedang berlibur ke daerah Banten, rasa-rasanya sayang jika melewatkan Pantai Sawarna. Wisata pantai ini telah dikenal luas oleh masyarakat setempat maupun luar daerah. Keberadaan pantai tersebut di Kecamatan Bayah, tepatnya Kabupaten Lebak. Pemandangan pantai yang sangat indah sehingga memungkinkan kawasan Panta Sawarna banyak dikunjungi wisatawan dari mancanegara.

Selain itu, keadaan Pantai Sawarna yang memiliki objek wisata lengkap karena memiliki pemandangan alam seperti pegunungan, goa-goa, daerah sungai dan pantai pasir putih yang menawan. Namun sebelum menuju ke Pantai Sawarna, kelak nanti akan disuguhkan berbagai objek lainnya yakni Pantai Manuk.

Itulah pantai-pantai eksotis di Indonesia yang masih belum banyak terjamah oleh wisatawan. Kalau kamu makin penasaran dengan pantai-pantai tersebut. Buruan ajukan cuti dan berburu tiket untuk liburan ya!

 

Dikutip dari situs wikipedia.org, Negara Kepulauan (bahasa Inggris: “archipelagic State) adalah hasil keputusan Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut yang berarti suatu Negara yang seluruhnya terdiri dari satu gugus besar atau lebih kepulauan dan dapat mencakup pulau-pulau lain, dalam Bab IV Konvensi ini menentukan pula bahwa gugusan kepulauan berarti suatu gugusan pulau-pulau termasuk bagian pulau, perairan di antara gugusan pulau-pulau tersebut dan lain-lain wujud alamiah yang hubungannya satu sama lainnya demikian eratnya sehingga gugusan pulau-pulau, perairan dan wujud alamiah lainnya tersebut merupakan suatu kesatuan geografi dan politik yang hakiki, atau secara historis telah dianggap sebagai satu kesatuan dengan demikian wilayah sebuah Negara Kepulauan dapat menarik garis dasar/pangkal lurus kepulauan yang menghubungkan titik-titik terluar pulau-pulau dan karang kering terluar kepulauan ini.

sumber: www.idntimes.com

Komentar