Inilah Tata Krama Berfoto-foto di Candi Borobudur

257
Penulis
Editor: Alex
Keluarga Ayu Ting Ting berlibur ke Candi Borobudur ( Ayu Ting Ting/ Instagram)
Share :

MAGELANG-Candi Borobudur merupakan kawasan wisata yang fotogenik. Namun ternyata tidak banyak yang tau tentang peraturan yang mesti dipatuhi saat berfoto.

Kepala UPT Taman Wisata Candi Borobudur, Chrisna menjelaskan, ada beberapa tata krama yang harus dipatuhi untuk berfoto di sini.

Keluarga pedangdut Ayu Ting Ting sedang viral karena berfoto di pinggiran stupa. Tak boleh sembarangan, ada beberapa peraturan yang mesti dipatuhi saat berfoto.
Seperti diberitakan,dua hari yang lalu Ayu Ting-Ting memposting foto keluarganya yang berlibur di Candi Borobudur lewat akun instagramnya. Foto tersebut memperlihatkan keluarga Ayu yang berpose duduk di salah satu stupa candi. Hal ini memamcing komentar beragam dari netizen mengenai aturan foto di stupa candi. Ada yang bilang boleh, ada yang bilang tidak.

Melalui wawancara lewat telepon dengan Kepala UPT Taman Wisata Candi Borobudur, Chrisna, detikTravel mengumpulkan peraturan-peraturan yang harus traveler patuhi saat berfoto. Ini dia beberapa peraturannya:

1. Dilarang duduk atau memanjat di Stupa Terbuka

Di atas Candi Borobudur terdapat 2 dari 72 stupa yang memang sengaja dibuka. Stupa terbuka ini menjadi spot favorit untuk berfoto dikarenakan Patung Sang Budha terlihat dengan jelas.

Dibuka sampai setengah badan, kamu yang mau berfoto tak boleh sembarang. Kamu tidak boleh duduk atau pun memanjat ke atas stupa hanya untuk berfoto. Kecuali duduk di pinggiran stupa bawah, ini diperbolehkan.

2. Dilarang memasukkan tangan ke Stupa

Bukan hanya stupa terbuka, stupa tertutup pun kerap diburu untuk di foto. Para traveler tak enggak memasukkan tangan ke dalam stupa, hanya untuk memotret Sang Bundha di dalamnya.

Padahal, memasukkan tangan ke dalam stupa adalah hal yang dilarang lho! Kamu hanya boleh memotret bagian luarnya saja. Memasukkan kamera juga termasuk ke dalam pelanggaran ya.

3. Dilarang Corat-Coret

Seluruh bangunan candi dan stupa adalah situs warisan dunia yang penting dalam sejarah peradaban manusia. Mencorat-coret stupa untuk di foto adalah hal yang melanggar aturan.

Vandalisme adalah hal yang dilarang di kawasan Candi Borobudur. Usahakan untuk tetap menjaga kebersihan candi ya.

4. Berhati-hati saat foto

Kawasan Candi Prambanan memang sangat populer dikalangan turis domestik atau pun wisman. Kamu yang mau foto-foto mesti berhati-hati saat jumlah pengunjung membludak.

Karena bagian atas candi tidak memiliki pembatas, sehingga wisatawan sering berebut foto dan terpeleset atau jatuh. Kamu diminta untuk lebih berhati-hati saat pengunjung sedang ramai.

Nah, ini dia sederet tata krama saat hendak berfoto di Borobudur. Yuk, taati peraturan!

Sumber: detik/travel

Komentar