Bupati Mabar Harapkan TdF Timbulkan Multiplier Effect Bagi Masyarakat

33
Penulis: galuh
Editor: agus eko
Bupati Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Agustinus Ch Dula
Share :

LABUAN BAJO-Bupati Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Agustinus Ch Dula berharap agar perhelatan akbar Tour de Flores (TdF) 2017 ini menimbulkan multiplier effect bagi kegiatan ekonomi masyarakat.

Efek berganda dari kegiatan ini harus dimanfaatkan seoptimal mungkin mengingat perputaran uang dibisnis sektor pariwisata di Labuan Bajo ini sangat besar sekali.

“Yang datang ini (peserta TdF_red), tidak mungkin tidak bawa uang. Mereka pasti bawa uang,” ujar Bupati Mabar ni saat Press Conference di Hall Kantor Bupati Mabar Selasa (18/7).

Menurutnya, dampak TdF ini bagi industri pariwisata sangat besar. Kehadiran para tamu TdF ini bisa menjadi ajang promosi gratis bagi potensi wisata di Mabar ini.

“Diharapkan rombongan TdF ini dapat menceritakan pengalaman mereka tentang keindahan alam di bumi Komodo ini kepada keluarga dan rekan-rekan mereka untuk datang mengunjungi destinasi wisata Manggarai Barat ke depannya,” ujarnya.

Bupati Mabar ini juga berharap agar masyarakat Manggarai Barat melihat potensi wisata ini sebagai peluang bisnis. Untuk itu, harus kreatif dan proaktif untuk terjun dalam industri wisata ini. “Jangan hanya menjadi penonton tetapi segera melakukan apa yang bisa dijual kepada ratusan ribu wisatawan kita ini,,” tuturnya.

Bupati Mabar dua periode ini mengaku mendapat banyak pertanyaan seputar dampak perhelatan TdF terhadap Manggarai Barat pada khususnya dan Pulau Flores pada umumnya.

Namun demikian, dia meyakini, benefit dari perhelatan akbar ini akan terlihat pada  tahun-tahun yang akan datang. ” TdF ini selain balapan adalah juga salah satu cara pemerintah memperkenalkan potensi wisata di Pulau Flores termasuk Manggarai Barat. Dan namanya upaya promosi hasilnya pasti akan nampak tidak pada saat ini tapi dalam jangka panjang akan nampak,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini pula Bupati Mabar ini kembali mengingatkan warga Mabar untuk memberikan dukungan positif kepada pemerintah agar penataan dan pengembangan berbagai potensi wisata Mabar dapat berjalan optimal.

Komentar