MLL: Kita Bangun Politik Yang Sehat Rasional

63
Penulis
Editor: Galuh Putri
Share :

JAKARTA-Suhu politik menjelang suksesi kepemimpinan di Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai memanas. Politik hitam (black campaign) mulai dipakai untuk menyerang lawan, termasuk rekan sesama partai.

Terbaru, Ketua DPD I Partai Golkar NTT, Ibrahim Agustinus Medah menyerang kolega sesama Golkar, Melki Laka Lena (MLL). MLL tak lain adalah salah satu kandidat calon gubernur NTT saat ini.

Popularitas MLL yang kian moncer bisa menjadi batu sandungan bagi politikus sepuh ini dalam memperoleh SK dari DPP Golkar untuk maju dalam Pilgub NTT 2018.

Karena itulah, Medah menyerang MLL dengan memanfaatkan kedekatannya dengan Ketua Umum Partai Golar, Setya Novanto. Adapun Setya Novanto sendiri kini menjadi tersangka kasus dugaan korupsi E-KTP.

Meskipun diserang dengan fitnah, MLL tidak membalas. Baginya, Ayo Bangun NTT jauh lebih penting dibandingkan menghabiskan energi untuk melakukan serangan balik.

 

Berikut respon MLL terkait serangan koleganya itu.

Selamat malam, semoga sehat selalu. Kami izin menyampaikan penjelasan terkait beberapa kritik saran dan pertanyaan yang berkembang beberapa hari ini yang juga sudah kami sampaikan ke teman-teman relawan se NTT siang tadi.  Semoga berkenan.

Selamat siang teman-teman Relawan MLL se NTT, sukses selalu dalam kiprah dan agenda masing-masing.  Semoga semua sehat dan senantiasa dalam lindungan dan kasih Tuhan.

Setelah dua tiga hari ini kita semua pasti harus menjelaskan pertanyaan dan serangan banyak orang khususnya lawan politik sekarang waktunya kita kembali fokus pada agenda yang kita kerjakan selama ini.

Dua pertanyaan yang sering muncul soal dana sayembara Ayo Bangun NTT dan proses pilgub selama ini sudah kami jawab apa adanya bahwa ini kerja kami keluarga dan teman-teman muda di NTT dan posisi di pilgub 2018 sudah kami jawab tetap konsisten maju NTT 1.

Jangankan orang orang di NTT, Bang Novanto dan senior-senior NTT plus tokoh nasional di Jakarta juga tanya soal yang sama karena sampai saat ini saya belum pernah minta dan terima bantuan dari mereka.

Teman-teman DPD l Golkar NTT pernah tanya yang sama ke bang Novanto juga dijawab tidak pernah MLL minta atau terima bantuan baik untuk acara sayembara atau urusan pilgub selama ini.

Pertanyaan kedua soal maju sebagai apa? sudah saya jawab tegas. Kami tetap maju sesuai mandat DPP Partai Golar sebagai Cagub NTT / NTT 1 sehingga kita semua kerja optimal untuk menangkan survei dengan angka setinggi tingginya.

Peluang NTT 1 justru makin terbuka bagus setelah kita semua bisa melewati badai yang terjadi dua tiga hari belakangan ini.

Kami ingatkan lagi hal-hal berikut sebagai bahan kita semua saat berjumpa dengan siapa saja untuk terus tingkatkan dukungan bagi MLL.

Kerjasama, kerja keras dan kerja cerdas kita selama ini sudah memberi hasil luar biasa dan memberi pengakuan bahwa gerakan perubahan anak muda NTT luar biasa. Terima kasih yang sebesar besarnya buat semua teman-teman yang dengan caranya sudah berbuat sesuatu utk meraih dukungan rakyat NTT di lingkungan dan tempat kita masing masing.

Sebentar lagi survei DPP Partai Golkar untuk memotret pendapat rakyat NTT tentang siapa pemimpin yang akan dipilihnya segera dilakukan.

Pertanyaan dasar yang dilakukan ada tiga hal yaitu anda kenal dengan calon yang disurvei, anda menyukai calon yang disurvei dan anda akan memilih calon yang disurvei. Pertanyaan lain lebih merupakan kembangan survei dan jawaban tiga pertanyaan ini yang menjadi dasar utama DPP PG memutuskan siapa calon Gubernur NTT atau NTT 1 yang diusung Partai Golkar dalam pilgub 2018 mendatang.

Dalam rangka itu, kami berharap agar teman-teman  relawan se NTT bisa secara bersama sama atau masing masing bisa melakukan hal-hal sebagai berikut:

Pertama, mengingatkan kembali ke keluarga, tetangga, teman sekolah atau kampus, teman kantor atau arisan atau kegiatan lainnya atau siapa saja yang sudah komit mau bantu untuk mendukung MLL saat pelaksanaan survei nanti..

Kedua, menyampaikan dan mengingatkan kembali dukungan keluarga, teman, tetangga atau siapa saja yang bisa berikan dukungan bagi MLL tapi karena kesibukan kita masing masing belum sempat dikontak terkait hal ini.

Ketiga, teman-teman tolong bantu petakan kecamatan mana atau desa kelurahan mana yang sudah bagus dukungannya, kurang bagus atau belum ada dukungan sama sekali. Semoga masih memungkinkan yang sudah mendukung tetap kita jaga agar jangan berubah, yang kurang mendukung dan belum mendukung kita ajak untuk mendukung.

Keempat, semua proses di atas bisa kita lakukan secara sederhana dengan komunikasi dengan berbagai cara misalnya saat ketemu di rumah, kantor, sekolah, kampus, lingkungan masyarakat, pasar, tempat pesta dll untuk meraih dan menjaga dukungan buat MLL.

Kelima, atribut kampanye yang ada di teman-teman  relawan tolong dipakai scr optimal dalam waktu yang ada ini sehingga bisa tingkatkan dukungan rakyat buat MLL.

Keenam, kita tetap pakai pola selama ini apapun sikon politik yang berkembang cool calm confidence, kedepankan etika dan sopan santun, kita bangun politik yang sehat rasional dan bergembira ria.

Ketujuh, sampaikan salam hangat bagi siapa saja yang ditemui dan semoga di suatu waktu saya bisa blusulan bareng teman-teman ke berbagai lini dan sudut penjuru NTT khususnya ke siapa saja yang memberikan dukungan bagi gerakan kita semua.

Saya perlu tambahkan beberapa hal berikut terkait gagasan membangun NTT ke depan sebagai bahan tambahan selain atribut kampanye khususnya brosur tentang MLL.

Bahan ini semoga menambah bekal bagi semua teman-teman relawan se NTT saat bertemu dan berdiskusi dengan siapa saja khususnya mengenai siapa MLL dan apa yang akan dibuat untuk membangun NTT ke depan.

Mohon dibaca dan apabila ada catatan tambahan dari teman-teman silakan langsung disampaikan ke kami atau kita bahas bersama dlm grup relawan MLL ini.

Kalau teman-teman yang sudah sepakat tolong teruskan pesan kami ini ke berbagai grup baik WA atau FB atau grup medsos lainnya.

Selain hal dasar yang rutin harus dibangun dan ditingkatkan kualitasnya yaitu jalan-listrik dan air serta pelayanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau maka kita harus mulai identifikasi tantangan dan potensi yang dimiliki masing masing desa kelurahan. Setiap desa kelurahan se NTT memutuskan secara bersama musyawarah mufakat potensi apa yang menjadi pusat keunggulan yang harus dikembangkan.

Satu desa kelurahan punya satu keunggulan yg dikembangkan selama 5 sampai 10 tahun. Tingkat kecamatan punya maksimal dua pusat keunggulan akumulasi dari desa kelurahan di wilayahnya.  Tingkat kabupaten maksimal tiga pusat keunggulan dan propinsi maksimal lima pusat keunggulan.

Pendekatan dan cara ini membuat pembangunan di setiap tingkatan jadi lebih fokus, terarah, bersinergi antar daerah dan para pihak, swasta bertumbuh baik untuk gerakkan ekonomi sampai tingkat desa kelurahan, lapangan kerja terbuka, pengangguran dan akhirnya kemiskinan bisa ditekan, mencegah maraknya human trafficking, IPM NTT menjadi lebih baik. Desa kelurahan menjadi pusat pusat pertumbuhan baru ketika potensinya dikembangkan melalui ekonomi kreatif yang digerakkan oleh anak anak muda terlatih.

Kelompok anak anak muda sebagi penggerak ini dilatih secara khusus untuk kembangkan potensi daerah sesuai cluster atau pengelompokkan misalnya pariwisata, pertanian, perkebunan, peternakan dan sektor lainnya. Mereka juga dibantu permodalan dan manajemen untuk kembangkan keunggulan desa kelurahan. Produk yang dihasilkan dibantu pembukaan dan pengembangan pasarnya.

Potensi dan keunggulan desa kelurahan yang dikembangkan dengan baik niscaya dapat menjadi sumber penghidupan yang pantas bagi warga desa kelurahan khususnya angkatan kerja para anak mudanya.

Gubernur Bupati Walikota dan warga se NTT bisa kembangkan semua potensi ini dengan cara:

  1. Diaspora NTT dan tingkat II se NTT di Indonesia bahkan di luar negeri perlu dirangkul dan dilibatkan secara sungguh dalam pembangunan NTT dan tingkat II.
  2. Orang orang NTT terbaik perlu didorong untuk menduduki posisi dan peran strategis di semua kementrian dan lembaga di Jakarta. Dengan demikian, program apapun bisa cepat didorong ke NTT apalagi politisi asal NTT saat ini memiliki peran penting di DPR RI.
  3. Orang orang NTT terbaik perlu juga didorong untuk menduduki posisi dan peran strategis di BUMN, LSM besar, perusahaan swasta besar dan kedutaan kedutaan asing yang penting perannya di dunia. Kemiskinan di NTT dengan bantuan dana CSR atau bina lingkungan atau hibah dr berbagai organisasi  ini niscaya membantu percepatan pembangunan di NTT.Sinergi antar berbagai pihak asal NTT juga berbagai orang dan lembaga yg bukan orang NTT tapi mencintai dan tulus membangun NTT harus terus menerus dilakukan, dengan mereka tersebar di berbagai sektor dan wilayah di NTT – seluruh tanah air dan luar negeri karena niscaya mempercepat pembangunan NTT dan seluruh tingkat ll ke depan.

Seumpama suatu orkestra, para pejabat publik bagai pemain musik dan penyanyi yang dimiliki NTT rata rata jago bermain secara individu atau kelompok kecil tapi jarang sinergi secara baik dalam kelompok besar untuk hadirkan simponi indah dalam pertunjukkan orkestra.

Penonton yang adalah rakyat masih terus menonton pertunjukkan orkestra yang belum padu dan sering disharmoni saat para pejabat jalankan orkestra kekuasaan. Konflik laten di NTT harus diminimalkan oleh Gubernur Bupati Walikota dan semua pemimpin di NTT baik konflik antar daerah, konflik antar sektor dan lebih lebih konflik antar pemimpin.

Teringat cerita Anthony De Mello ada seekor anak elang yang dibesarkan dalam lingkungan ayam dan setiap melihat elang terbang tinggi hanya kagum dan terpesona.

Dia tidak sadar bahwa dia juga bisa terbang tinggi seperti elang. Itulah NTT, melahirkan banyak elang elang hebat di indonesia dan dunia tapi daerah asalnya belum juga menjadi elang seperti para elang hebat di luar NTT bahkan dunia.

Banyak elang hebat di NTT yang berkarya dengan caranya masing masing tapi belum cukup kuat membuat desa kelurahan – kecamatan – kabupaten dan propinsi NTT berpikir bertindak dan melahirkan produk laksana elang. Kita butuh kerjasama yang kuat – sinergi yang solid antar sektor, kerjasama permanen dan produktif antar daerah dan antar pemimpin untuk membangun NTT lebih maju dan lebih sejahtera.

 

Ayo Bangun NTT

Salam

Melki Laka Lena

Komentar