Kabupaten Mabar Satu-Satunya Kabupaten di NTT Raih Sertifikat Adipura

130
Penulis: Adrian Ramos
Editor: Lita Rafael
Wabup Kabupaten Bupati Manggarai Barat, drh. Maria Geong, PhD saat menerima Sertifikat Adipura dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya di Auditorium Manggala Wanabakti Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutan di Jakarta, Rabu (2/8).
Share :

JAKARTA-Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), mendapat Sertifikat Adipura, pada malam Anugerah Adipura tahun 2017. Kabupaten Mabar ini menjadi satu-satunya Kabupaten dari 21 Kabupeten/Kota yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dinilai berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Sertifikat Adipura ini diterima oleh Wakil Bupati Kabupaten Manggarai Barat, drh. Maria Geong, PhD dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya di Auditorium Manggala Wanabakti Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutan di Jakarta, Rabu (2/8).

“Kami mengucapkan syukur, karena Kabupaten Mabar ini menjadi satu-satunya Kabupaten di NTT yang meraih Sertifikat Adipura ini. Dan tentu, ini sangat membanggakan,” ujar Maria kepada padarnews di Jakarta, Rabu (2/8) malam.

Menurutnya, torehan yang dicapai ini bukan saja milik pemerintah Kabupaten Mabar, tetapi didedikasikan untuk seluruh masyarakat Mabar.

Sertifikat Adipura ini menjadi bukti pengakuan pemerintah pusat atas komitmen pemerintahan Mabar mengelola lingkungan perkotan. “Mudah-mudahan, ini dapat menjadi motifasi bagi pemerintah dan masyarakat Mabar agar semakin mencintai lingkungani. Sehingga kedepan, Kabupaten Mabar ini meningkatkan prestasi agar meraih Adipura dan Adipura Kencana.

Maria yang juga Wabup Perempuan Pertama di NTT ini mengatakan perolehan Sertifikat Adipura ini sangat prestisius. Apalagi, pemilihan Kabupaten Mabar penerima Sertifikat Adipura dilakukan oleh tim penilai khusus yaitu tim Penilai Adipura.

“Saya berbicara dengan banyak kabupaten yang malam ini meraih penghargaan Adipura dan Adipura Kencana. Mereka ini beberapa kali meraih plakat Adipura seperti yang kita dapatkan saat ini. Semoga ini menjadi cikal bakal Kabupaten Mabar meraih penghargaan yang lebih tinggi lagi,” tegasnya.

Wakil Bupati Manggarai Barat, drh. Maria Geong, PhD

Maria mengaku bangga Kabupaten Mabar bisa meraih plakat Adipura ini. Hal ini bisa menjadi batu loncatan (Stepping Stone) menuju pretasi tertinggi yaitu Adipura dan Adipura Kencana.

Karena itu, dia berharap agar kerjasama antara pemerintah, legislatif dan seluruh stakeholders di Manggarai Barat lebih ditingkatkan agar kabupaten ini bisa meraih prestasi di bidang lingkungan hidup yang membanggakan. “Seluruh masyarakat Mabar juga diminta untuk bersama-sama menjaga lingkungan,” pintanya.

Lebih lanjut, Maria mengatakan, pemerintahan Kabupaten Mabar sudah meletakan fondosi dasar membangun berwawasan lingkungan.

Salah satu langkahnya lewat gerakan menanam satu juta pohon. “Bupati Mabar sudah meletakan dasar pembangunan berwawasan lingkungan dengan cara gerakan menanam sejuta pohon. Kami ingin gerakan menanam pohon ini mampu mengubah prilaku masyarakat Mabar,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Maria mengapresiasi yang setinggi-tinggi terhadap partisipasi seluruh masyarakat Mabar yang dengan caranya sendiri peduli dengan lingkungan di Mabar.

“Kami juga menyampaikan terima kasih banyak kepada seluruh masyarakat yang dengan caranya sendiri, apakah itu melalui pendidikan, kampanye peduli sampah, memungut sampah dijalan dll, terus mewujudkan keselaran alam di Mabar. Mudah-mudahan, dengan sertifikat ini menjadi motivasi bagi seluruh masyarakat Mabar. Dan ibu Menteri Siti Nurbaya juga memberi pesan khusus agar Mabar menjadi lebih baik lagi kedepannya,” pungkasnya.

 

 

Komentar