Mengenal Sosok Haji Nasir “Jack Ma” Dari Komodo (Bagian II)

592
 
Haji Nasir Ridwan
Share :

Oleh: Frans Gulat

Nama Bone Daud (alm) dan Haji Nasir Ridwan sangat familiar bagi pelaku pariwisata di Manggarai Barat (Mabar). Kedua sosok ini, begitu dibanggakan karena menjadi pioner bisnis pariwisata di Labuan Bajo era 80-an. Selain menjadi ikon pariwisata, keduanya pun menjadi mentor bagi pelaku pariwisata di bumi Komodo.

Sepeninggalan tokoh pariwisata Mabar, Bone Daud, kini tinggal Haji Nasir yang menjadi saksi sejarah jatuh bangunnya membangun pariwisata di Mabar ini. Boleh dibilang, Haji Nasir itu legenda hidup dunia pariwisata di Labuan Bajo.

Salah seorang pelaku pariwisata Labuan Bajo, Nur Alwi menyebut Haji Nasir sebagai sosok yang luar biasa.

Dia gudang ribuan ide brilian tentang pengembangan pariwisata. Seluruh jiwanya diabdikan untuk Labuan Bajo. Bahkan dia mau lakukan apapun demi kejayaan Labuan Bajo. “Beliau sangat pantas dan cocok menjadi penasehat atau tim khusus Pemerintah dalam hal pengembangan Pariwisata Mabar,” ujar Nur Alwi seperti dikutip dari akun facebooknya.

Menurut Nur Alwi, Haji Nasir mempunyai segudang ide  untuk perkembangan pariwisata yang berbasis masyarakat. “Dia adalah tokoh dan sahabat yang sangat diandalkan oleh Bupati Frans Dula Burhan dan Gaspar Ehok kala itu,” terangnya.

Haji Nasir adalah pelaku pariwisata pertama di Labuan Bajo, pemilik Hotel resort pertama, pencetus penggagas Paket Tour Rinca Komodo, Pembuat perjalanan wisata Boat trip Flores lombok 4D/3N pertama. Kesemua ide cemerlang Haji Nasir  itu dimanfaatkan oleh masyarakat Labuan bajo sampai sekarang.

“Beliau penjelajah seluruh wilayah Manggarai Barat dengan berjalan kaki, beliau pendaki semua gunung dan bukit dimanggarai Barat dia pedayung sampan layar tanpa mesin ke semua pulau yang ada diwilayah Mabar. Dia sosok yang luar biasa hebatnya,” aku Nur Alwi.

Baca juga: http://www.padarnews.com/2017/09/24/mengenal-sosok-haji-nasir-jack-ma-dari-komodo-bagian/

Berbicara soal sosok Haji Nasir seakan tidak akan pernah habisnya. Haji Nasir termasuk pebisnis pariwisata yang unik dan langka. Filosofi hidupnya sederhana sekali. Baginya, uang bukanlah tujuan akhir dari bisnisnya. Tetapi dengan berbuat baik maka segalanya bisa didapatkannya.

Komentar