Buruh Pelabuhan Kritis Dihantam Kontainer

666
Penulis: Pol Jhon
Editor: Lita Rafael
Stanislaus Darman (26)
Share :

LABUAN BAJO-Nasib sial dialami Stanislaus Darman (26 tahun), warga asal Kampung War, Desa Pong Narang, Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat. Buruh pelabuhan ini nyaris meregang nyawa setelah dihantam sebuah kontainer saat melakukan aktifitas bongkar muat di pelabuan laut Labuan Bajo, Sabtu (15/10).

Stanis sempat tak sadarkan diri dan terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Siloam Labuan Bajo untuk mendapatkan pertolongan medis. Meski menderita cukup serius, nyawa buurh ini pun tertolong.

Koordinator Buruh Pelabuhan, Lukas Seriji kepada media ini membenarkan peristiwa naas itu.

Dikisahkan Stanislaus dihantam dari depan ketika alat derek milik sebuah kapal sedang mengangkat kontainer dari dalam kapal. Kontainer ini menghantam Stanislaus yang kebetulan berdiri bersamaan dengan dua rekan kerja lainnya.

Akibatnya, dada, perut dan kepala dihantam serta berbenturan dengan sebuah kontainer saat sedang melakukan aktivitas bongkar muat barang.

Beruntung kedua rekan Stanis itu cepat melompat ke dalam kapal, sedang Stanis sendiri terlambat menghindar. Sial saat itu, beban kontainer itu lalu berat. Dia pun terjatuh ke dalam kapal,” terangnya.

Melihat kejadian ini, rekan korban lainnya segera memberikan pertolongan dan menghantar korban ke RS Siloam.

Lukas mengaku, pihak PT. Putri Komodo yang mempekerjakan korban dan rekan lainnya telah bersedia menanggung segala biaya pengobatan korban selama menjalani perawatan medis di RS Siloam.

Tidak hanya itu, Lukas juga mengaku perusahaan telah berjanji untuk mengurus administrasi surat jaminan keselamatan kerja serta BPJS bagi semua karyawan buruh ini. “Perusahaan menyatakan sudah bersedia menanggung biaya pengobatan korban,”katanya

Seperti disaksikan media ini, korban tampak berbaring lemas ketika hendak ditemui di ruang ICU RS Siloam. Tidak ada luka bagian luar yang dapat dilihat kasat mata namun diduga luka pada bagian dalam tubuh korban. Sementara di luar ruangan tampak ayah korban Donatus Daru sedang berjaga-jaga. Informasi lain menyebutkan kalau akibat benturan itu, tulang rusuk Stanis dikhabarkan patah.

Komentar