DPRD Kediri Jatim, Belajar “Desa Wisata Mandiri” di Mabar

oleh -26 views
Wakil Bupati Manggarai Barat, drh. Maria Geong, P.hD bersama Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Kediri, Drs. Sudarmiko
Share :

LABUAN BAJO-Sebanyak 17 orang anggota DPRD Kabupaten Kediri, Privinsi Jawa Timur (Jatim) melakukan studi banding di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar).

Kunjungan Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Kediri ini dalam rangka melakukan studi terkait pengembangan ‘Desa Wisata Mandiri’ di Mabar.

Mereka diterima Wakil Bupati Manggarai Barat, drh. Maria Geong, P.hD. Kamis (26/10).

“Mewakili masyarakat Manggarai Barat, saya merasa senang dan sukacita, karena dikunjungi para Anggota DPRD Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Kita semua bersaudara, silaturahmi seperti ini sangat istimewa dan bermanfaat. Oleh karena itu saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih,” ungkap Wabup Maria saat membuka acara tatap muka di Ruang Rapat Bupati Manggarai Barat, Labuan Bajo.

Kepada rombongan wakil rakyat asal Kediri ini, Wabup menjelaskan terkait potensi pariwisata Manggarai Barat, termasuk potensi pertanian dan perkebunan serta potensi lainnya.

Meski demikian, Wabup perempuan pertama di NTT ni juga menyampaikan sejumlah tantangan dalam usaha mengembangkan potensi pariwisata di Manggarai Barat.

Tetapi, tantangan tersebut merupakan pendorong agar semakin giat mengembangan potensi pariwisata yang ada. “Pemda Manggarai Barat menjadikan pariwisata sebagai ‘leading sektor’. Sebagai Kabupaten pariwisata, maka seluruh sektor digerakkan untuk mendukung pariwisata. Apalagi Kabupaten ini termasuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)”, ungkapnya.

Wakil Bupati berharap, kunjungan perdana DPRD Kabupaten Kediri ini, ditindaklanjuti pada kunjungan-kunjungan berikutnya. “Kiranya bapak ibu jadi duta pariwisata mabar. Saya yakin sebelum memilih Labuan Bajo, tentu sudah tahu tentang potensi Manggarai Barat. Yang penting kita bisa sharing dan bertukar informasi demi upaya memajukan dan mengembangkan daerah kita masing-masing serta membangun NKRI secara utuh,” ajak Wabup Maria.

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Kediri, Drs. Sudarmiko menjelaskan kehadiran mereka di Manggarai Barat adalah dalam rangka studi banding terkait pengelolaan ‘Desa Wisata Mandiri’.

“Kami memilih Labuan Bajo, karena destinasi wisatanya luar biasa. Kami terimakasih atas kerjasama dan bantuan pemda Mabar memfasilitasi pertemuan dalam rangka kunjungan kerja kami. Kami berharap kita (Kabupaten Kediri dan Kabupaten Manggarai Barat-red),tetap menjalin hubungan yang baik. Kiranya kedepan ada kunjungan DPRD atau Pemda Manggarai Barat ke kediri,” sambung Sudarmiko.

Hadir dalam acara ini, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kediri,Drs.Sentot Djamaludin, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. Benediktus Banu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Martinus Ban,ST., Kadis Pariwisata dan Kebudayaan, Ir. Theodorus Suardi, M.Si, dan Perwakilan OPD terkait Lingkup Pemkab Manggarai Barat.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *