Mantan Kadis Kuasai Mobil Dinas, DPRD Mabar Desak Satpol PP Ambil Paksa

328
Penulis: frans gulat
Editor: lita rafael
Anggota DPRD Kabupaten Mabar, Blasius Janu
Share :

LABUAN BAJO- Mantan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Mabar, Edward, SE, MM belum juga mengembalikan mobil dinas milik pemerintah dengan nomor polisi EB 53 G paska lengser dari jabatan sebagai Kadis.

Ini artinya, sudah tiga bulan lebih, mobil dinas yang dibeli dari uang pajak rakyat Mabar ini belum juga dikembalikan kepada pemerintah.

Sikap Edward ini membuat wakil rakyat Mabar geram.

Anggota DPRD Kabupaten Mabar, Blasius Janu mendesak Pemkab Mabar mengambil paksa mobil dinas tersebut. Jika tidak segara diambil maka akan menjadi preseden buruk ke depannya.

“Pemda Mabar jangan lengah. Sudah ada Satpol PP, segera buat surat dinas, ambil paksa. Jangan dibiarkan pejabat seperti ini seenaknya menguasai barang milik Negara,” tegasnya.

Sejak dipecat 9 September 2017 lalu, Edward belum juga mengembalikan mobil dinas operasional milik kantor Perindagkop Kabupaten Mabar. Ini artinya, sudah tida bulan sejak dipecat, Edward belum juga mengembalikan mobil milik pemkab Mabar.

Hingga kini pun, keberadaan kendaraan dinas milik Pemkab Mabar ini tidak jelas.

“Sikap mbalelo menguasai sepihak Mobil Dinas adalah tindakan inkonstitusional,” ujar politisi yang dijuluki Bolong Pongkor ini.

Karena itu kata politsi Partai Hanura ini, Pemda Mabar wajib melakukan tindakan keras sesegera mungkin agar perilaku seperti ini tidak menjadi preseden buruk bagi penegakan hukum dan kewibawaan Pemda Mabar. “Mobil dinas itu harus diambil dari tangan Edward. Jangan tinggal diam. Satpol PP harus eksekusi ambil paksa mobil itu,” ujarnya dengan nada geram.

Baca berita: http://www.padarnews.com/2017/12/30/mantan-kadis-perindagkop-mabar-belum-kembalikan-mobil-dinas-eb-53-g/

Blasius mengatakan mobil dinas itu milik pemerintah Mabar yang dibeli dari uang pajak yang dibayar masyarakat Mabar.

“Itu barang Negara yang harus dikembalikan. Jangan sampai mobil itu hilang tanpa bekas,” ucapnya.

Senada Blasius, Ketua Fraksi PAN yang sekaligus sebagai Ketua Balegda DPRD Mabar Marselinus Jeramun mendesak Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) agar segera mengeksekusi Mobil dinas tersebut. Apalagi sikap Edward itu masuk kategori tindakan illegal.

“Jangan takut, ambil segar,” pintanya.

Marselinus juga mengingatkan Plt. Kadis Perindagkop Domi Yakel untuk segera mengeluarkan surat peringatan.

Jika Edward tidak mengindahkan surat peringatan itu maka maka SatpolPP harus segera turun mengambil mobil itu dengan paksa.

“ Keluarkan surat peringatan terlebih dahulu. Jika Edward tidak tunjukan niat baiknya (good will), lakukan tindakan paksa. Jangan ragu !,” serunya.

Dia mengatakan sikap Edward ini menjadi contoh buruk bagi pejabat lainnya. Karenanya, tegas Marselinus Jeramun, para kepala dinas di lingkup Pemda Mabar harus sadar dan paham betul soal status kendaraan- kendaraan dinas mereka.

“Jadi, ingat, mobil dinas atau kendaraan dinas bukanlah milik pribadi, tidak melekat pada pejabat tapi melekat pada dinas,” pungkasnya.

Komentar