Pemkab Mabar Dapat Patung Komodo dari Putri Pelukis Affandi

48
Penulis: Frans Gulat
Editor: Lita Rafael
Pelukis Kartika Affandi-Koberl
Share :

LABUAN BAJO-Pemerintahan Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) mendapatkan sebuah patung komodo istimewa dari pelukis Kartika Affandi-Koberl (83 tahun), putri maestro pelukis Affandi.

Patung Komodo yang dibuat sendiri oleh Kartika Affandi ini diantar oleh tiga orang asing, antara lain Ulrike Herbig dan Ulrich Pont (keduanya dari Technische Universität Wien; Polytechnisches Institut, Imperial and Royal Polytechnic Institute) dan Eleonora dari Chiaravalle Centrale Republica of Italiana dan diterima oleh Bupati, Drs. Agustinus Ch. Dula bersama Wakil Bupati, drh. Maria Geong, Ph.D.

Ketiga perwakilan yang diutus Kartika Affandi tersebut didampingi, Marta Muslin dari Indonesia Waste Platform menemui Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat di ruang kerja Bupati, Kamis lalu.

“Saya Ulrieke, Ulrich dan Eleonora. Kami diutus oleh Kartika Affandi penerus Musesum Affandi, yang merupakan salah satu maestro pelukis Indonesia untuk membawa patung komodo ini,” kata Ulrike Herbig memperkenal diri, sambil menyerahkan patung komodo kepada Bupati Manggarai Barat seperti dikutip dari laman pemkab Mabar.

Dijelaskannya Ulrieke, patung komodo ini dibuat sendiri oleh Kartika Affandi. Hal ini merupakan bentuk ketertarikannya terhadap binatang Komodo yang kini sudah mendunia serta menjadi icon pariwisata Indonesia.

Kendati hanya mengirimkan sebuah patung dari sebagian tubuh komodo yakni kepala, Ulrieke  mengatakan suatu waktu, Kartika berkeingian untuk membuat patung komodo yang utuh.

“Kartika Affandi sangat senang dengan Komodo, hingga dia membuat sebuah patung, kendati hanya kepalanya saja. Rencananya dia akan membuat patung komodo utuh,” jelasnya.

Bupati Mabar, Agustinus Ch Dula bersama Wabup Mabar, Maria Geong

Sementara itu Bupati Gusti Dula menyampaikan rasa gembira dan terima kasih karena dikirimi patung komodo oleh salah satu pelukis ternama yang dimiliki bangsa Indonesia. Apalagi Affandi dan juga anaknya Kartika Affandi merupakan pelukis dunia pemilik Museum Affandi yang terkenal.

“Sebagai Bupati di daerah ini, saya menyampaikan terima kasih karena mendapat kiriman dari pelukis terkenal Indonesia. Ini semacam hadiah tahun baru 2018, dan tidak main-main hadiah dari pelukis terkenal. Kami sangat senang dan gembira dengan kiriman ini,” katanya.

Selanjutnya Bupati Gusti meminta, agar ungkapan kegembiraan ini juga disampaikan kepada Ibu Kartika  Affandi. “Mrs. Ulrike dan kawan-kawan, tolong sampaikan kepada Ibu Kartika Affandi, kami sangat senang dan gembira menerima kiriman patung komodo ini. Kami berharap suatu waktu, tidak hanya kepalanya saja yang dibuat, tetapi patung komodo yang utuh,” pintanya.

Terhadap permintaan tersebut, baik Ulrieke, Ulrich dan Eleonora berjanji akan menyampaikan langsung kepada Ibu Kartika Affandi. “Baik-baik, kami akan sampaikan kepada Ibu Kartika Affandi, sekembalinya kami dari Labuan Bajo,” kata ketiganya, (Ulrieke, Ulrich dan Eleonora), seraya menambahkan sekitar bulan April 2018 nanti mereka akan menggelar workshop tentang Komodo di salah satu Universitas terkemuka di Eropa.

Komentar