Masyarakat Mabar Kecam Aksi Nakal ‘Tour Guide’

232
Penulis: frans gulat
Editor: lita rafael
Share :

LABUAN BAJO-Sebuah video amatir yang diunggah ke facebook yang mengungkap ulah segerombolan wisatawan nakal tengah mempermainkan Komodo menyulut kemarahan masyarakat Manggarai Barat (Mabar).
Mereka mengancam akan melakukan tindakan tegas terhadap tour guide mempermainkan satwa kebanggaan masyarakat Mabar ini.

Kader Konservasi BTNK, Surion Adu Florianus mengatakan prilaku pemandu wisata yang cendrung tidak didasari pengetahuan tentang Komodo serta ekosistemnya dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), bukan saja berdampak pada kerusakan kawasan konservasi TNK juga membahayakan serta mengancam keselamat para wisatawan itu sendiri.

“Saya berharap pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan BTNK sebagai unit pelaksanaan teknis didaerah Manggarai Barat mengusut tindakan yang mempermainkan satwa Komodo seperti ini,” ujar Surion Adu Florianus lewat akun facebooknya, Senin (8/4).

Menurutnya, tindakan seperti ini sangat biadab. Hal ini merusak citra pariwisata yang bermartabat di Kabupaten Manggarai Barat.

Untuk itu, dia meminta otoritas terkait agar jangan mendiamkan kasus ini. Jika tidak ditindaklanjuti maka masyarakat Mabar sendiri yang akan mengambil sikap ke pihak BTNK.

“Sadarilah “Leluhur” penjaga Kawasan TNK akan tetap memantau kita. Kapan Komodo akan reaktif melahap manusia disanalah kesadaran kita bahwa Komodo memang makluk ciptaan yang memiliki rasa serta Naluri Dendam…… Ingat Itu!,” sergahnya.

Komentar