Inilah 9 Zonasi di Wilayah TNK

230
Penulis: frans gulat
Editor: lita rafael
Share :

LABUAN BAJO-Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) melaksanakan sosialisasi tentang aturan zonasi di Taman Nasional Komodo (TNK) menyusul mencuatnya kasus pemberian umpan terhadap kawanan Komodo ke tengah Laut beberapa waktu lalu. Sosialisasi ini sangat penting agar semua stakeholder yang melakukan aktivitas wisata memahami dengan baik 9 zonasi di wilayah TNK.

“Kami (BTNK_redred) melakukan sosialisasi aturan zonasi dalam wilayah TNK. Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan bermanfaat untuk keberlangsungan TNK ke depan,” ujar Kepala BTNK, Budhy Kurniawan saat membuka kegiatan sosialisasi yang berlangsung di ruang rapat BTNK di Jalan Kasimo-Labuan Bajo, Rabu (11/04).

Sosialisasi ini juga dihadiri oleh Kapolres Manggarai Barat, Kepala Dinas Pariwisata Manggarai Barat, PIC Pokja Percepatan Pembangunan 10 DPP, KUPP, Kabag Humas Manggarai Barat, DOCK, DPC HPI Manggarai Barat, P3K, ASKAWI, WWF dan ASITA.

Kurniawan lalu secara rinci menjelaskan 9 zonasi dalam wilayah TNK. Kesembilan zonasi itu antara lain zona inti, rimba, perlindungan bahari, pemanfaatan wisata daratan, pemanfaatan wisata bahari, pemanfaataan tradisional daratan, pemanfaataan tradisional bahari, pemanfaatan khusus pelagis dan zona khusus pemukiman masyarakat tradisional.

“Ada 9 zona dalam wilayah TNK yang harus dipahami,” jelasnya.

Zona inti demikian Kurniawan zona perlindungan mutlak tanpa aktivitas manusia. Zona ini dikecualikan untuk tujuan pendidikan dan penelitian. Namun untuk bisa masuk ke dalam zona inti, harus melalui proses perijinan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Zona rimba merupakan zona perlindungan daratan, hanya untuk kegiatan wisata alam terbatas, pendidikan dan pelatihan.

Zona perlindungan bahari merupakan zona perlindungan laut untuk kegiatan wisata alam terbatas, pendidikan dan penelitian. Sedangkan zona pemanfaatan wisata daratan adalah zona daratan untuk pusat pembangunan dan pengembangan wisata terestrial.

Zona pemanfaatan wisata bahari adalah zona perairan untuk pusat pengembangan wisata bahari. Pada semua zona, siapapun tidak diperkenanan untuk mengambil hasil laut.

Komentar