Hari Laut Sedunia, Bupati Mabar Ajak Masyarakat Lestarikan Laut

27
Penulis: frans gulat
Editor: lita rafael
Bupati Mabar, Agustinus Ch. Dula memimpin aksi memunggut sampah sebagai rangkaian dari acara memperingati hari laut sedunia 8 Juni
Share :

LABUAN BAJO-Bupati Manggarai Barat (Mabar), Agustinus Ch. Dula memimpin apel Peringatan Hari Laut Sedunia 2018 ( World Oceans Day 2018) di Lapangan Kampung Ujung, Labuan Bajo, Jumat (9/6). Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemungutan sampah di Pulau Bajo dan sekitarnya.

Saat memimpin apel memperingati Hari Laut Sedunia ini, Bupati Gusti mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan laut, utamanya laut yang ada di wilayah Mabar ini.

“Mari kita jaga bersama laut kita. Laut adalah masa depan kita semua,” ujarnya.

Turut hadir Wakil Bupati Manggarai Barat drh. Maria Geong, Ph.D dan Sekda Kabupaten Manggarai Barat Mbon Rofinus, SH, M.Si. Hadir pula komunitas-komunitas peduli sampah yang di Labuan Bajo seperti Trash Hero Komodo dan juga Komunitas BMC ( Bajo Motor Classic )1802 Escape Bajo.

Salah satu cara mencintai laut tutur Bupati Gusti adalah dengan cara tidak membuang sampah ke laut. Sebab, lautan yang sehat akan membuat planet bumi juga menjadi sehat karena laut adalah tempat jutaan makhluk hidup termasuk manusia menggantungkan hidupnya.

Menurutnya, laut ibarat denyut nadi yang teramat penting setiap geraknya. Banyak kehidupan menakjubkan yang ada di laut.

Wakil Bupati Manggarai Barat drh. Maria Geong, Ph.D

“Jadi, saya menghimbau kepada masyarakat di Labuan Bajo agar tidak membuang sampah ke laut,” pintanya.

Hari Laut Sedunia merupakan hari peringatan untuk menghargai laut di dunia. Hari Laut Sedunia telah diperingati setiap tanggal 8 Juni sejak pengajuan pertama pada tahun 1992 oleh Kanada di Earth Summit di Rio de Janeiro, Brasil. Hari peringatan ini lalu disahkan oleh PBB pada akhir tahun 2008.

Sejak tahun 2003, The Ocean Project telah mengoordinasikan hari peringatan ini dengan mengumpulkan para peserta setiap tahun.

Hari Laut Sedunia merupakan hari peringatan untuk menghargai laut-laut di dunia dengan merayakan hasil-hasil yang disediakan oleh samudra, seperti makanan laut dan kehidupan laut untuk akuarium, hewan peliharaan dan waktu untuk menghargai nilai intrinsik itu sendiri.

Komentar