Penumpang Bandara Banyuwangi Meningkat, Tembus 1.000 Orang Per Hari

15
Penulis: Galuh Puspitawati
Editor: Agus Eko
Menpar Arief Yahya bersama Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas
Share :

BANYUWANGI-Aksesibilitas udara Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur semakin mumpuni. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya penumpang.

Berdasarkan data, Bandara Banyuwangi melayani 1.000 orang per hari pada mudik libur Lebaran tahun ini. Angka ini naik 100 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

“Peningkatan signifikan terlihat jelas, Selasa (12/6). Jumlah penumpang tercatat menyentuh angka 1.200 orang dalam sehari. Padahal belum masuk masa puncak mudik yang diperkirakan terjadi pada H-3 hingga H+3,” kata Executive General Manager Bandara Banyuwangi Anton Marthalius, Rabu (13/6).

Anton mengaku telah melakukan berbagai persiapan untuk melayani penumpang di musim mudik Lebaran 2018. Mulai general checkup, pembuatan posko mudik, hingga sinergi dengan pihak terkait.

“Sebelumnya kami memang sudah melakukan estimasi moderat, (jumlah penumpang diperkirakan) sekitar 800 orang. Kemarin tanggal 9 (Juni), penumpang kita sudah 1.200 orang per hari,” ujar Anton.

Dengan torehan tersebut diperkirakan Bandara Banyuwangi akan melayani 18 ribu pada libur Lebaran tahun ini. Padahal bandara tersebut baru saja diresmikan pada tahun 2010.

Torehan positif tidak hanya dibukukan oleh peningkatan jumlah penumpang. Jumlah aktivitas pesawat di Bandara Banyuwangi juga terkatrol naik. Pergerakan pesawat di bandara ini meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Komentar