Gubernur NTT Anggarkan Rp500 Juta Untuk Benahi Desa Wisata

11
Penulis: Frans Gulat/ant
Editor: agus eko
Desa Wae Rebo berada di barat daya kota Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.
Share :

KUPANG-Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) menyiapkan anggaran sekitar Rp500 juta untuk membenahi sejumlah desa wisata di daratan Pulau Timor dan sekitarnya.

“Ada dana yang disiapkan sekitar Rp500 juta melalui APBD perubahan 2018 untuk membenahi desa-desa wisata di daratan Pulau Timor,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT Marius Ardu Jelamu di Kupang, Sabtu (29/9).

Dia mengatakan pembenahan desa wisata itu meliputi Desa Wisata Fatumnasi di Kabupaten Timor Tengah Selatan, desa wisata di Kabupaten Rote Ndao, dan Kabupaten Sabu Raijua.

Dijelaskannya, pembenahan ini arahkan untuk menambah fasilitas pendukung di desa wisata agar semakin memadai untuk kebutuhan masyarakat setempat maupun pengunjung.

“Apakah nanti dengan pembanguan lopo-lopo, MCK, atau infrastruktur pendukung lainnya akan kami sepakati dengan pemerintah daerah setempat,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pemerintah provinsi secara bertahap akan melakukan pembenahan desa-desa wisata yang menyebar di provinsi berbasiskan kepulauan ini yang jumlah mencapai ratusan desa.

Menurutnya, keberdaaan desa-desa wisata ini memperkaya pariwisata di provinsi setempat dan menjadi daya tarik khusus bagi wisatawan terutama mananegara.

“Banyak wisatawan asing yang datang dan menginap di desa-desa wisata, mereka berinteraksi bersama masyarakat lokal dan memperlajari berbagai keunikan budaya tradisional yang masih bertahan,” katanya.

Ia menambahkan, pembenahan desa-desa wisata diharapkan menjadi penyanggah untuk destinasi wisata unggulan yang sudah populer seperti Taman Nasional Komodo, Danau Kelimutu, dan lainnya.

“Untuk itu di tahapan ini dibenahi untuk Pulau Timor dan sekitarnya, selanjutnya di daerah lain seperti di Pulau Flores, Sumba, Alor, dan sekitarnya,” pungkasnya.

Komentar