PLTA Manggarai Timur Segera Dioperasikan

360
Penulis: frans gulat/ant
Editor: agus eko
photo ilustrasi
Share :

KUPANG-Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) berkapasitas 1,0 MW di Manggarai Timur, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) segera dioperasikan setelah selesai dibangun oleh PT Multi Energi Dinamika.

“PLTA di Manggarai Timur itu merupakan miliknya PT Multi Energi Dinamika, namun akan dikelolah oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk dikomersialkan. Pada triwulan IV 2018, sudah kita operasikan,” kata GM PT PLN (Persero) Wilayah NTT Christyono seperti dikutip dari Kantor Berita Antara di Kupang, Jumat (5/10).

Dia mengatakan PT PLN telah melakukan penandatanganan naskah Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBL) dengan PT Multi Energi Dinamika, di Jakarta pada Kamis (4/10) terkait pengoperasian PLTA baru di Manggarai Timur itu.

Christ menjelaskan kehadiran pembangkit listrik dari sumber energi terbarukan ini bisa melayani sekitar 2.150 kepala keluarga di Desa Golomongkok, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur dan sekitarnya dengan daya 1.300 VA.

Dia menambahkan manfaat lain dari PLTA tersebut berupa penghematan penggunaan bahan bakar minyak karena menggunakan sumber energi dari air. “Harapan kami nantinya juga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk pengembangan pariwisata terutama wisata alam di daerah setempat,” katanya.

Menurut Christyono, PLN dan Pemerintah tetap berkomitmen mengembangkan energi ramah lingkungan dan hingga Agustus 2018, bauran energi terbarukan di NTT sudah mencapai sebesar 6,47 persen.

Khususnya di Pulau Flores sudah memiliki sejumlah energi terbarukan seperti PLTP Ulumbu, PLTP Mataloko, PLTM Ndungga, PLTM IPP Wae Roa dan PLTA Sita yang ke 5.

“Kami tetap berupaya agar energi terbarukan tetap dikembangkan sebagai sumber energi listrik di Pulau Flores mengingat potensinya juga cukup banyak,” katanya.

Christyono berharap, ke depannya semakin banyak lagi energi terbarukan yang dikembangkan di NTT dengan dukungan sinergitas bersama pemerintah dan masyarakat di daerah setempat.

Komentar