Bupati Mabar: Labuan Bajo Surplus Daya Listrik 23 MW

30
Penulis: frans gulat/ant
Editor: agus eko
Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch Dula
Share :

LABUAN BAJO-Bupati Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Agustinus Ch Dula memastikan pasokan listrik di Labuan Bajo saat dikunjungi oleh para delegasi dari Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia (IMF-WB) aman. Bahkan, mengalami surplus daya listrik sebesar 23 MW.

“Sekarang listrik untuk Kota Labuan Bajo sudah aman, kami sudah memiliki surplus daya sekitar 23 megawatt,” kata Bupati Gusti ketika dihubungi Antara dari Kupang, Selasa (16/10).

Dia menjelaskan, PLN telah selesai membangun sebuah pembangkit listik tenaga mesin gas (PLTMG) berkapasitas 3×7 MW yang mulai beroperasi sejak Agustus lalu. Data PLN Wilayah NTT menyebutkan saat ini total daya mampu di Kota Labuan Bajo sendiri sebesar 42 MW dengan kondisi beban puncak mencapai 18,6 MW.

Menurut Gusti, pembangunan kelistrikian sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya, salah satunya untuk mendukung kunjungan delegasi dana moneter internasional (IMF) dan Bank Dunia (WB) yang akan berlibur ke Labuan Bajo.

“Terutama ini untuk memastikan kebutuhan usaha perhotelan, restoran, pelabuhan, bandara, perkantoran, dan lainnya hingga rumah-rumah penduduk terpenuhi,” katanya.

Menurutnya, di sisi lain dengan kondisi kelebihan daya listik yang ada tentu akan bermanfaat untuk pembangunan Kota Labuan Bajo secara berkelanjutan di masa mendatang. Salah satunya, untuk memenuhi kebutuhan investasi berbagai bidang di Labuan Bajo sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas secara nasional yang terkenal memiliki Taman Nasional Komodo yang mendunia.

“Sehingga kalau para delegasi maupun investor lain berminat untuk investasi di Labuan Bajo maka mereka sudah tahu salah satu aspek utama seperti dukungan kelistrikan sudah aman,” pungkasnya.

Komentar