Jelang Akhir Tahun, Perpusnas Lakukan Roadshow di Manggarai Barat

90
Penulis: frans gulat
Editor: lita rafael
Wakil Bupati Manggarai Barat, drh. Maria Geong, PhD.
Share :

LABUAN BAJO-Komitmen Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI untuk mewujudkan Indonesia Cerdas melalui peningkatan Budaya baca dan indeks literasi masyarakat terus dilakukan. Menjelang akhir tahun 2018, Perpusnas mengadakan Roadshow di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (29/11).

Dalam roadshow ini dilaksanakan berbebagai macam kegiatan untuk siswa-siswi sekolah dari TK, SD, SLTP dan SLTA. Untuk TK dilaksanakan lomba mewarnai, Lomba menggambar untuk tingkat SD, Lomba menulis surat kepada Bupati/Wakil Bupati untuk tingkat SLTP dan untuk SMA lomba membuat poster.

Disaksikan media ini, siswa-siswi dari TK sampai dengan SLTA sangat antusias mengikuti berbagai kegiatan perlombaan. Selain kegiatan lomba roadshow kali ini juga mengadakan kegiatan talkshow dengan menghadirkan narasumber yang ahli dalam bidangnya, seperti Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional Sri Sumekar, pemerhati Pendidikan, Pater Marselinus Agot, SVD dan wartawan sekaligus penulis buku Servan Mammilianus.

Secara keseluruhan, kegiatan Roadshow perpusnas tahun 2018 yang dilaksanakan di Manggarai Barat ini dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Manggarai Barat, drh. Maria Geong, PhD. Selain membuka Wabup Maria Geong diminta untuk memberikan sambutan.

Dalam sambutannya dia menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan roadshow ini adalah ingin memperkenalkan dunia baca, sebagaimana tertuang dalam Tema roadshow yakni Buku Mencerdaskan Bangsa. Dalam memperkenalkan dunia baca ini, dilakukan dengan berbagai macam cara.

“Hari ini kita semua hadir, mulai dari TK yang mengikuti lomba mewarnai, SD dengan lomba menggambar, SLTP dengan loma menulis Surat kepada Bupati dan Loma membuat poster untuk Siswa-siswi SMA. Berbagai macam perlombaan pada tingkat masing-masing tentu hal yang sangat baik untuk memperkenalkan dunia baca pada naka-anak,” jelasnya.

Roadshow Perpusnas ini menurut Geong merupakan upaya inovatif yang layak mendapat apresiasi dari semua pihak. Apalagi jumlah peserta sangat banyak yakni mencapai 250 orang. Dan ini adalah jumlah yang sangat banyak.

“Pesertanya sangat banyak, luar biasa. Dan saya lihat anak-anak begitu riang dan antusias mengikuti berbagai kegiatan ini. Metode memperkenalkan dunia perpustakaan yang sangat efektif untuk anak-anak,” tandasnya.

Selaras dengan program Perpusnas, menurut Geong Pemda Mabar juga secara bertahap mendorong Dinas perpustakaan untuk terlibat secara aktif dalam upaya mencerdaskasn masyarakat Manggarai Barat. Perda Manggarai Barat Nomor 7 tahun 2008 tentang Pengelolaan Perpustakaan salah satu bukti bahwa Pemda Mabar sangat serius.

“Kita (Pemda Mabar; red) telah membuat program dan kegiatan serta alokasi anggaran untuk pengembangan perpustakaan baik perpustakaan model maupun perpustakaan berbasis masyarakat. Juga memberi bantuan pengadaan rak-rak buku sampai pengadaan buku disamping itu koordinasi pengembangan perpustakaan bersama pengelola perpustakaan. Sedangkan untuk kegiatannya, dikenal dengan wisata baca,” imbuhnya.

Roadshow merupakan salah satu bentuk sosialisasi yang amat penting bagi masyarakat untuk memahami bahwa perpustakaan adalah salah satu komponen dalam membentuk peradaban suatu bangsa. Esensi budaya gemar membaca adalah untuk meningkatkan kompetensi masyarakat demi mencapai kesejahteraan.

Komentar