Ini Pesan Bupati Agas Bagi CPNSD Matim

18
Penulis: flori edi
Editor: agus eko
Share :

BORONG-Sekitar 68 orang peserta Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Kabupaten Manggarai Timur mengikuti kegiatan orientasi CPNSD di ruang rapat Bupati Matim. Kegiatan orientasi CPNSD tersebut berlangsung selama tiga hari terhitung sejak Senin, (8/4/2019) hingga Rabu, (10/4/2019)

Peserta yang dinyatakan lulus seleksi penerimaan CPNSD formasi tahun 2018 itu yakni: tenaga guru berjumlah 33 orang, tenaga kesehatan berjumlah 24 orang dan tenaga teknis berjumlah 11 orang.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan orientasi itu, untuk memperkenalkan kepada CPNSD tentang lingkungan kerja dan sistem organisasi lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur sehingga terbentuknya pemahaman tentang sistem kerja, cara pandang dan perilaku sebagai seorang aparatur pemerintah dalam melaksanakan tugas pelayanan dibidang pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kemasyarakatan.

“Saudara/saudari telah diangkat menjadi anggota calon pegawai negeri sipil daerah (CPNS) terhitung mulai tanggal 1 Mret 2019. Dan akan menjalani masa percobaan selama satu tahun,” ujar Bupati Manggarai Timur Agas Andreas, SH,M.Hum dalam sambutannya.

Selama masa percobaan jelas Agas, para CPNSD ini mengikuti pendidikan dan pelatihan pejabat sebagai salah satu persyaratan untuk dapat diangakat menjadi pegawai negeri sipil.

Menurutnya, CPNSD ini juga akan menerima gaji sebesar 80% dari gaji pokok dan dalam masa percobaan.

“Kalian akan dinilai oleh atasan masing-masing baik dari aspek prilaku, tindakan, dan tutur kata maupun dari aspek pelaksana tugas pokok dan fungsi yang akan dipercayakan kepada kalian,” ujarnya.

Penilaian tersebut tambah Agas, akan dituangkan dalam bentuk penilaian prestasi kerja sebagai salah satu persyaratan bagi untuk dapat diangkat menjadi pegawai negeri sipil selain telah lulus pendidikan dan pelatihan prajabatan.

Di samping kedua persyaratan tersebut diatas, salah satu persyaratan untuk dapat diangkat menjadi pegawai negeri sipil adalah sehat jasmani dan rohani.

Karena itu, jelas Agas, selama masa percobaan harus bisa menjaga dan memelihara kesehatan dengan sebaik-baiknya.

“Hindarilah hal-hal yang merugikan kesehatan anda antara lain dengan meminum minuman beralkohol ,merokok dan hal-hal negatif lainnya” tutur Agas.

Kegiatan orientasi yang dimulai pada hari ini sampai dengan hari rabu nanti, bertujuan untuk memberi bekal kepada peserta calon CPNSD sebelum melaksanakan tugas di tempat kerja masing-masing sehingga dapat memahami tugas pokok dan fungsi yang akan dipercayakan.

Adapun materi dan jadwal kegiatan yang dilaksanakan diantaranya :

Pertama, kebijakan umum pembangunan Kabupaten Manggarai Timur 5 tahun kedepan. Kedua, RPJMD Kabupaten Manggarai Timur. Ketiga, Koperasi. Keempat, Korupsi. Kelima, disiplin PNS. Keenam, materi kepegawaian. Dan Ketujuh, materi kediklatan PNS. Kedelapan, pelatihan baris berbaris dan tata upacara sipil.

Komentar