NasDem NTT Rebut 3 Kursi di Senayan

13
Penulis: galuh/ant
Editor: agus eko
Share :

KUPANG-Partai Nasional Demokrat (NasDem) Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil merebut tiga dari 13 kursi yang diperebutkan partai politik peserta pemilu 2019 di Senayan, Jakarta.

Tiga kader Partai NasDem yang lolos menjadi anggota DPR-RI periode 2019-2024 berasal dari Dapil I NTT, yakni Kristiana Muki dengan meraih 64.680 suara, sedang Ratu Nggadu Bonu Wulia berhasil mendulang 50.301 suara.

Sementara itu caleg partai NasDem dari daerah pemilihan NTT 2 yang lolos ke Senayan adalah Johnny G Plate dengan mendulang suara terbanyak sekitar 123.290 suara.

“Dua dari tiga kader Partai NasDem itu merupakan srikandi dari NTT yang baru mengepakkan sayapnya menuju Senayan,” kata Sekretaris DPW Partai NasDem NTT Alex Ofong ketika dihubungi Antara di Kupang, Minggu (12/5).

Menurut Alex, pada pemilu 2019 Partai NasDem mendapat tambahan satu kursi yang diperoleh dari daerah pemilihan NTT I yang sebelumnya hanya mendapat satu kursi pada Pemilu 2014.

Dia mengatakan, tingginya perolehan suara Partai NasDem pada pemilu 2019 karena hasil kerja keras seluruh kader partai pimpinan Surya Pallo di wilayah provinsi berbasis kepulauan ini.

“Konsistensi Partai NasDem selama lima tahun ini adalah tidak ada mahar bagi setiap caleg dari Partai NasDem sehingga menjadi citra positif di tengah masyarakat,” kata Alex.

Selain merebut tiga kursi di DPR-RI, Partai NasDem juga mendapat tambahan satu kursi di DPRD Provinsi NTT dari sebelumnya hanya 8 kursi menjadi 9 kursi.

Sedangkan untuk DPR Kabupaten/kota di NTT, Partai NasDem juga mendapat tambahan 13 kursi dari sebelumnya hanya 76 kursi menjadi 89 kursi pada Pemilu 2019.

Selain Parai NasDem, PDIP juga berhasil merebut tiga kursi di DPR-RI, Golkar, Demokrat dan PKB masing-masing meraih dua kursi, serta PAN satu kursi.

Sementara itu Ketua DPD I Partai Demokrat NTT, Jefri Riwu Kore mengatakan, Partai Demokrat memperoleh dua kursi untuk DPR-RI pada pemilu 2019 masing-masing satu dari Dapil I NTT dan satu kuris lainnya dari Dapil NTT II.

Nama-Nama calon anggota DPR-RI asal NTT

Daerah Pemilihan I NTT

1. Kristiana Muki, SPd, M.Si (NasDem)
2. Herman Herry (PDIP)
3. Emanuel Melkiades Laka Lena (Golkar)
4. Ratu Nggadu Bonu Wulia (Nasdem)
5. Anita Jacoba Gah (Demokrat)
6. Edward Tannur (PKB)
7. Yohanis Fransiskus Lema (PDIP).

Daerah Pemilihan 2 NTT

1. Andreas Hugo Parera (PDIP)
2. Johnny G Platte (Nasdem)
3. Melchias Markus Mekeng (Golkar)
4. N.M. Dipo Nusantara (PKB)
5. Ahmad Yohan (PAN)
6. Benny K Harman (Demokrat).

Komentar