NTT Menjadi Daerah Tujuan Wisata Dunia

7
Penulis: galuh/ant
Editor: agus eko
photo dok antara
Share :

KUPANG-Lembaga Sertifikasi Pariwisata (LSP) Anging Mamari menilai sektor pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dapat menjadi daerah tujuan wisata dunia, karena beragam keindahan alam dan budayanya.

“Saya dua hari di Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka sempat meninjau beberapa kawasan wisata di sana, dan resort. Keindahan alamnya sangat luar biasa,” kata Sekretaris LSP Anging Mamari Gita Nelwan kepada Antara di Kupang, Senin (13/5).

Gita Nelwan mengaku walaupun hanya beberapa hari di Maumere, namun dia yakin daerah lain di NTT juga memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa.

“Saya bersama rekan-rekan sempat mendaki Gunung Kelimutu untuk melihat keindahan alam Flores,” ujarnya.

Di atas puncak Gunung Kelimutu itu, terdapat tiga warna danau yang berbeda-beda sehingga menjadi salah satu objek wisata langka di dunia.”Benar-benar fantastis,” komentar Gita Nelwan terhadap pemandangan alam di sekitar Kelimutu.

Ia juga mengakui bahwa pasaran wisata NTT sudah mendunia, sehingga tidak mengherankan jika NTT menjadi daerah tujuan wisata dunia saat ini. NTT sendiri juga, menurut dia, mampu menjadi Bali kedua di Indonesia karena mempunyai daerah eksotis yang pantas untuk dikunjungi.

Sebenarnya, baik Bali, Lombok dan NTT adalah daerah-daerah yang eksotis yang bisa dijual untuk meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat, namun semua itu kembali lagi ke pemerintah daerahnya, bagaimana mengelola kawasan wisata itu menjadi kawasan yang menghasilkan uang dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Tak hanya itu, dirinya menilai sumber daya manusia (SDM)-nya juga harus disiapkan, khususnya pelaku-pelaku usaha di sektor pariwisata sehingga NTT harus bisa mengelola pariwisatanya sendiri.

Komentar