Labuan Bajo Segera Miliki Pelabuhan Laut Baru

11
Penulis: lita rafael
Editor: agus eko
Share :

KUPANG-Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membangun sebuah pelabuhan baru di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 2020 mendatang untuk mendukung transportasi barang dan manusia.

Kepala Badan Penghubung NTT di Jakarta, Viktor Manek, mengatakan hal tersebut usai mendampingi Wakil Gubernur NTT, Joseph Nai Soi bertemu dengan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Kantor Kementerian Perhubungan di Jakarta, akhir pekan.

Menurut Menhub, kata Viktor, pelabuhan Labuan Bajo untuk transportasi barang dan orang yang ada saat ini, akan dipindahkan dan dibangun baru tahun 2020 di lokasi yang telah disiapkan.

Sementara pelabuhan Labuan Bajo saat ini, kata Viktor mengutip pembicaraan tersebut, ke depannya digunakan secara khusus sebagai pelabuhan pendukung pariwisata Labuan Bajo untuk melayani turis saja.

Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch Dula secara terpisah mengatakan, saat ini sedang dibangun pelabuhan Marina khusus untuk kapal wisata di dalam kota Labuan Bajo. Pembangunan pelabuhan ini ditangani PT ASDP Indonesia Ferry (Pesero).

Menurut dia, pemerintah pusat akan membangun pelabuhan baru di luar kota, arah utara Kota Labuan Bajo, di wilayah Bari, Kecamatan Macang Pacar. “Dermaga tersebut akan dimanfaatkan untuk aktivitas niaga terutama bongkar dan muat peti kemas,” katanya.

Saat ini untuk bongkar muat masih tergabung dengan pelabuhan penumpang dan kapal-kapal wisata. Jadi, nantinya, pelabuhan-pelabuhan di Labuan Bajo akan lebih tertata.

“Ada yang khusus untuk peti kemas, ada yang untuk pelabuhan penumpang maupun kapal wisata,” pungkas Bupati Mabar ini.

Komentar