Jarot: UMKM Tulang Punggung Perekonomian Nasional

oleh -1.065 views
Share :

JAKARTA-Ketua Komunitas Ikatan UKM Bisnis Indonesia (IKUBI), Jarot Trisunuwarso menilai peran sector Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menggerakkan sektor ekonomi negeri ini sangat signifikan. Hal itu terlihat dari tingginya kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) yang mencapai 60 persen.

Selain itu, UMKM juga berhasil membuka lapangan kerja untuk 96,87 persen angkatan kerja atau menyerap sekitar 116,73 juta orang dari total angkatan kerja yang bekerja.

Menurut Jarot, peran sector UMKM dalam perekonomian Indonesia tidak dapat dinafikikan. Sektor usaha rakyat ini kebal terhadap krisis bahkan telah terbukti tangguh, ketika terjadi krisis ekonomi 1998 menghantam Indonesia. Hanya sektor UKM yang bertahan dari kolapsnya ekonomi, sementara sektor yang lebih besar justru tumbang oleh krisis.

“UMKM ini sebenarnya tulang punggung menggerakkan perekonomian bangsa ini. Ini berasalan lantaran sector usaha rakyat ini terbukti bisa bertahan dari terpaan krisis pada 1998, 2008, dan 2013,” ujar Jarot di Jakarta, Senin (10/6).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *