Lomba Balap Perahu Akan Jadi Ikon Baru Destinasi Wisata Labuan Bajo

121
Penulis: galuh
Editor: agus eko
Share :

LABUAN BAJO-Masyarakat pulau Seraya Desa Seraya Meranu Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), punya tradisi unik yang dilaksanakan setiap tahun yakni Lomba balap perahu. Lomba balap perahu akan menjadi ikon baru destinasi pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata nasional (KSPN) Labuan Bajo.

Meski tidak mendapatkan hadiah, lomba perahu yang digelar Selasa (11/6) di sekitar perairan pulau seraya atau sebelah Utara Kota Labuan Bajo ini menarik minat banyak peserta. Tercatat, sebanyak 30 perahu ikut dalam lomba dengan rincian 16 perahu dengan kapasitas 14 Paarden Kracht (PK) dan 14 perahu kapasitas 10 PK.

Sejumlah perahu yang digunakan merupakan perahu milik warga desa yang berprofesi sebagai nelayan. Untuk lebih menyemarakan tradisi balap perahu-perahu dihaiasi berbagai macam ornamen. Tradisi ini mampu menarik perhatian ratusan warga desa untuk hadir dan ikut serta.

Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula melalui Kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (parbud), Agustinus Rinus, S.Pd., menjelaskan balap perahu ini merupakan tradisi unik. Karena itu, dia berencana menjadikan event ini sebagai salah satu event tahunan yang akan dimasukan dalam program kerja Dinas Parbud Manggarai Barat.

Komentar