Pemda Mabar Jamin Kemudahan Layanan Untuk Lansia

17
Penulis: galuh
Editor: agus eko
Wakil Bupati Manggarai Barat drh. Maria Geong, Ph.D.
Share :

LABUAN BAJO- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memastikan pelayanan terhadap warga lanjut usia (lansia) masuk dalam skala prioritas pembangunan. Pemda Mabar akan berupaya agar para lansia tetap semangat, produktif dan bisa membantu orang lain.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Manggarai Barat drh. Maria Geong, Ph.D., menghadiri Sosialisasi dan Advokasi Pembentukan Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Tingkat Kecamatan Komodo Tahun 2019, di Aula Kantor Camat Komodo, Rabu (12/6).

Peserta Sosialisasi dan advokasi adalah para lansia dan para kepala Desa se-Kecamatan Komodo.
Sosialisasi dan Advokasi ini merupakan wujud perhatian, kepedulian dan penghargaan terhadap masyarakat usia lanjut sebagai bagian dari pemenuhan kesejahteraan sosial agar para lansia tetap diberdayakan sehingga bisa ikut berperan aktif dalam kegiatan pembangunan.

Wabup Maria, mengatakan upaya peningkatan kesejahteraan Lansia perlu dilakukan. Pemerintah Daerah harus memberikan penghargaan dan perhatian terhadap lansia.

Penghargaan dan perhatian terhadap lansia menjadi prioritas Pemerintah karena perlu disadari para lansia ketika masih muda atau masih produktif sudah berkontribusi pada pembangunan di daerah ini.

“Oleh karena itu, sudah selayaknya saat ini pemerintah berkewajiban untuk mendukung dan memberi perhatian pada mereka,” kata Maria yang juga Ketua Harian Komda Lansia Kabupaten Mabar ini.

Lebih lanjut Maria berharap agar Kepala Desa mendukung wadah Komda Lansia ini agar para lansia tetap mendapatkan perhatian dan diberikan kesempatan untuk menunjukkan eksistensinya. Salah satu langkahnya, dengan memanfaatkan dana desa untuk support para lansia.

“Dukung mereka untuk menjadi corong pemerintah dalam menyampaikan program-program yang sedang atau akan dilakukan. Karena mereka juga merupakan aset yang sangat berharga untuk dijadikan teladan bagi kita semua,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Komodo, Imran menyampaikan kegiatan Sosialisasi dan Advokasi Pembentukan Komda Lansia ini merupakan wujud perhatian, kepedulian dan penghargaan terhadap orang Lansia di Kecamatan Komodo. Kegiatan yang sama, juga akan dilaksanakan di Kecamatan lainnya yang ada di wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

Komda Lansia menurut dia, sangat penting karena berfungsi sebagai sarana konsolidasi dan koordinasi terkait kegiatan lansia.

“Harapannya, sarana ini (Komda Lansia) bisa menjalankan tugas secara efektif sehingga terwujud sinergitas dengan berbagai sektor. Dengan demikian upaya peningkatan kesejahteraan Lansia dapat tercapai,” paparnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Manggarai Barat, Sekretaris Komda Lansia Kabupaten Manggarai Barat, Pemateri dari Bidang Penanganan Lanjut Usia Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat dan Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Manggarai Barat.

Komentar