3 Pusat KSN Dikembangkan Dukung Pariwisata di Perbatasan NTT

10
Penulis: alex
Editor: agus eko
Share :

KUPANG-Tiga Pusat Kawasan Strategis Nasional (PKSN) disiapkan untuk mendukung pengembangan pariwisata di wilayah perbatasan di Nusa Tenggara Timur (NTT). Ketiga PKSN tersebut meliputi Kefamenanu di Kabupaten Tengah Utara, Atambua di Kabupaten Belu, dan Kalabahi di Kabupaten Alor yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata bahari.

NTT memiliki 443 daerah tujuan wisata (DTW) diantaranya Labuan Bajo yang merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas nasional.

“Selain itu, ada Resort Nihiwatu yang terpilih sebagai resort terbaik dunia, Pulau Sumba yang merupakan pulau terbaik dunia, dan Taman Nasional Matalawa yang menjadi taman burung spesies langka, dan Alor-Rote yang lokasinya berada di jalur cruise dan yacht,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur Benediktus Wahon seperti dikutip dari situs Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Sementara itu Kasubbid Strategi dan Prototipe Destinasi Kemenpar Mulyanto menjelaskan, dukungan pengembangan kawasan perbatasan difokuskan pada kawasan perbatasan dengan 10 negara tetangga sebagaimana ditetapkan pada RPJMN 2015-2019 (187 lokasi prioritas, termasuk di dalamnya 92 pulau terluar)

Komentar