Soal Covid-19, Bupati Deno: Kami Siapkan Ruang Isolasi

oleh -3.203 views
Bupati Manggarai, Deno Kamelus
Share :

RUTENG-Pemerintah Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan membentuk gugus tugas dan tim reaksi cepat guna mengatasi orang yang terkena covid-19.

Saat ini, Pemkab Manggarai telah melakukan koordinasi dengan RSUD Ruteng untuk menyiapkan tenaga dan ruangan isolasi termasuk fasilitas kesehatan lainnya mana kala ada orang yang berpotensi terjangkit.

Selain koordinasi dengan pihak RSUD, Pemkab akan melakukan pencegahan dengan cara mengatasi pergerakkan orang-orang di Bandara Frans Sales Lega, pelabuhan Reo, Iteng, Dintor termasuk terminal-terminal.

“Pertama, kami akan menyiapkan termogan untuk mengukur suhu-suhu orang yang masuk ke Manggarai,” kata Bupati Deno Kamelus, di DPRD Manggarai, Selasa (17/3/2020).

Selain mengawasi tempat-tempat tersebut, seluruh Camat dan Kades harus up to date mengirimkan data ke Bupati manakala ada warga yang berpotensi covid-19. 

Dikatakannya pula, untuk mengantisipasi terjadinya peredaran covid-19, Pemkab akan meliburkan sekolah-sekolah dua pekan ke depan.

“Saya ditelepon Gubernur NTT agar memerintahkan semua sekolah-sekolah di Manggarai tidak boleh masuk sekolah dua pekan ke depan,” ucap Kamelus. 

Selain meliburkan sekolah-sekolah, pihaknya akan menyurati BNPB, Kemenkes agar RSUD Ruteng menjadi rumah sakit rujukan terhadap covid-19 dan virus corona.

Hal senada disampaikan oleh Ketua DPRD Manggarai, Matias Masir soal pentingnya pencegahan terhadap covid-19 dan virus corona.

“Urusan mengatasi covid-19 memang perlu ditangani dengan cepat. Prinsipnya, virus itu harus ditangkal secepatnya dan reaksi cepat penanggulangannya itu penting. Pemkab telah melalukan rapat tinggal eksekusinya saja. Jangan lupa promotif dan preventif dilakukan. Saya meminta warga jangan terlalu panik,” kata Masir.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *