,

Pengusaha Harus Terlibat Pencegahan Covid-19

oleh -1.978 views
edi endi
Ketua DPRD Manggarai Barat, Edistasius Endi
Share :

LABUAN BAJO– Penyebaran Virus Covid-19 semakin sulit dibendung. Manggarai Barat yang selama ini jauh dari pemberitaan sebagai salah satu daerah yang terkontaminasi virus Covid-19 mulai terusik.

Sebagaimana telah diumumkan Dinas Kesehatan Propinsi NTT, Mabar menempati urutan kedua di NTT dengan 7 orang masyarakat yang diduga mengalami suspect corona.

Bahkan disinyalir, ada satu kasus yang penanganannya dibawah standar dan berpotensi menjadi carrier atau pembawa virus Covid-19 kepada masyarakat lainnya di wilayah Manggarai Barat.

Menyikapi hal tersebut, Ketua DPRD Manggarai Barat, Edistasius Endi,SE menghimbau agar semua pihak terlibat aktif memerangi penyebatan Virus Covid 19.

“Bukan waktunya lagi untuk menghakimi siapa yang harus bertanggung jawab. Semua pihak, pemerintah, DPRD, Swasta dan masyarakat harus berjuang bersama  memerangi penyebaran virus Corona secara meluas di Manggarai Barat,” tegas Politisi Partai Nasdem ini kepada Padarnews di kantornya, Jumat, (20/3/2020).

Secara khusus, calon Bupati Mabar pada Pilkada 2020  ini meminta dunia usaha untuk turut ambil bagian dalam upaya pencegahan penyebaran wabah penyakit tersebut, khususnya di tempat usaha mereka masing-masing.

“Sebaiknya setiap tempat usaha seperti Toko, Kios, Warung-warung Makan, Restaurant dan tempat usaha lainnya menerapkan preventif action. Di antaranya membuat pengumuman siaga Corona, memberikan masker, mengecek suhu sebelum masuk tempat kerja, memberikan hand sanitizer, hingga training edukasi cuci tangan,” kata Edistasius sembari menambahkan penyebaran virus Corona di tempat-tempat usaha perlu diwaspadai.

Didampingi oleh dua Wakil Ketuanya, Edistasius Endi juga menjelaskan bahwa Lembaga yang dipimpinnya sudah meminta Bupati melalui SKPD terkait untuk mengeluarkan instruksi/perintah kepada semua tempat usaha seperti Toko, Kios dan rumah makan untuk menyediakan minimal air dan sabun pencuci tangan di depan tempat usaha mereka.

“Kami sudah minta Pemda untuk keluarkan himbauan kepada semua pelaku usaha untuk menyediakan tempat pencuci tangan di depan tempat usaha mereka masing-masing. Pola hidup sehat harus kita mulai dari hal kecil,” ujarnya. (NAD)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *