P3MKEL dan KOMPAS Makassar Wacanakan Pemekaran Manggarai Utara

oleh -1.480 views
P3MKEL -Makassar bersama Kompas-Makassar menggelar dialog public di warkop Ces Makassar Sabtu 21 Maret 2020
Share :

MAKASSAR-Persatuan Pemuda Pelajar Mahasiswa Kecamatan Elar (P3MKEL-Makassar) bersama Komunitas Mahasiswa Pesisir Sambirampas (Kompas-Makassar)  menggelar dialog public membahas pembentukan Kabupaten Manggarai Utara, Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan dialog ini digelar di warkop Ces Makassar Sabtu 21 Maret 2020.

Ketua Umum P3MKEL  Zainal Basri mengatakan pemekaran wilayah ini sangat penting. Hal ini demi mewujudkan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah dan mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, lanjut Zainal, pemekaran wilayah dipandang sebagai sebuah terobosan untuk mempercepat pembangunan melalui peningkatan kualitas dan kemudahan memperoleh pelayanan bagi masyarakat.

“Dialog ini merupakan langkah baru untuk membangun komitmen terhadap rencana pemekaran wilayah ini,” tegasnya.

Dia mengatakan, pemekaran Manggarai Utara merupakan sebuah kebutuhan bahkan menjadi solusi karena  selama ini ada dikotomi, baik secara politik maupun konteks pembangunan di Manggarai Timur.

“Selama ini, masyarakat Manggarai di bagian utara dianaktirikan, terutama dalam konteks pembangunan infrastruktur,” tuturnya.

Senada dengan Zainal, Ketua Umum Kompas, Soadikin  mengaku sangat mendukung pemekaran Manggarai Utara. Selama ini, kebutuhan pembangunan di Manggarai bagian utara belum terakomodir.

Menurutnya, pemekaran wilayah juga merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kemampuan pemerintah daerah dalam memperpendek rentang kendali pemerintah sehingga meningkatkan efektifitas penyelenggaraan pemerintah dan pengelolaan pembangunan.

“Karena itu, kami mendorong  pemekaran wilayah Manggarai Utara menjadi kabupaten,” ujarnya.

Dia menyakin, pemekaran wilayah ini membuat distribusi pembangunan menjadi merata.

“Saya kira, pemekaran wilayah Manggarai Utara ini sangat penting demi meningkatkan pelayanan dan mempercepat pembangunan,” tuturnya.

Dalam Dialog wacana pemekaran Manggarai Utara, baik P3MKEL maupun Kompas  mendukung pemekaran Manggarai Utara dengan berbagai pertimbangan:

  1. Agar memudahkan pelayan Publik
  2. Agar pembangunan merata
  3. Terhindar dari oligarki politik kekuasaan
  4. Terciptanya Birokrasi Yang Bersih dan Responsif
  5. Agar Terbukanya Ruang Bagi Masyarakat
Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *