Ketua Gugus Tugas Covid-19 Nasional Harus Diberi Diskresi

oleh -903 views
Anggota DPR RI Komisi IX, Fraksi PAN, Hj Intan Fauzi, SH, LL.M
Share :

“Akan tetapi tidak ditaati,” jelasnya.

Untuk itu, tegas Intan, sudah saatnya pemerintah menerapkan kebijakan yang lebih tegas sebagaimana telah diatur UU No 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, khususnya Pasal 53-55 yaitu Karantina Wilayah.

Langkah drastis ini sangat penting mengingat penyebaran virus ini sudah meluas ke wilayah Nusantara. Sebab, berbagai anjuran tidak ada gunanya selama masyarakat tidak taat. Apalagi, tidak ada sanksi tegas terhadap warga yang tidak taat.

“Kenapa karantina wilayah ini sangat penting? Jika penyebaran virus terus berlanjut dan terjadi lonjakan pasien positif Covid 19 yang harus diisolasi apalagi diperlukan perawatan khusus di ruang ICU dsb, kemampuan rumah sakit menampung pasien covid-19 ini sangat terbatas. Demikian juga dengan sarana APD dan alat kesehatan yang sangat tidak memadai,” ujar Wakil Rakyat Kota Depok dan Kota Bekasi ini.

Intan menjelaskan karantina wilayah disertai dengan aturan represif yang sifatnya memaksa masyarakat untuk taat,  mutlak diperlukan. Hal ini bertujuan memutus rantai penyebaran virus corona dan Indonesia bisa pulih. terutama untuk wilayah di Indonesia yang menjadi episentrum persebaran virus.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *