Bupati Mabar: Media Baru Jangan Hanya Mengkritik, Tapi Juga Memberi Solusi

oleh -519 views
Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula,
Share :

LABUAN BAJO-Perkembangan teknologi yang semakin pesat, dan kebutuhan Informasi yang sangat tinggi dari masyarakat, menjadikan media online diminati oleh masyarakat pada berbagai kalangan. www.padarnews.com media berbasis internet turut hadir di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) juga turut mewarnai perkembangan media online local.

Diharapkan dengan media ini, bisa menjadi sarana penyampaian informasi seputar potensi yang ada di Labuan Bajo yang selama ini belum diketahui publik. Selain itu media baru, jangan hanya memberi kritikan tanpa ada tawaran solusi konstruktif.

Demikian disampaikan Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula, kepada wartawan padarnews.com, di Rumah Jabatan Bupati Mabar beberapa waktu lalu.

Selengkapnya disampaikan dalam wawancara khusus berikut ini.

Ada media online baru yang segera hadir di Labuan Bajo, bagaimana tanggapan Bapak?

Secara pribadi saya memberi apresiasi terhadap kehadiran media baru di Labuan Bajo Ibu Kota Kabupaten Manggarai Barat, mengingat Manggarai Barat merupakan daerah tujuan wisata internasional. Nah media baru tersebut tentu sangat membantu, mem-back up, mendukung (support) pariwisata di Manggarai Barat dan juga perkembangan pembangunan agar dipublikasi ke dunia luar. Dengan demikian, dunia luar mengetahui potensi wisata yang ada di Labuan Bajo ini. Apalagi, daerah ini sangat kaya sekali, tidak hanya wisata baharinya, tetapi juga didaratannya.

Menurut Bapak, apa kira-kira manfaat yang bisa dirasakan atas kehadiran media baru khususnya media online?

Saya kira, tidak bisa dipungkiri kehadiran media online sangat dibutuhkan di zaman yang serba instan seperti sekarang. Karena itu kehadiran media online baru ini tentu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat baik untuk masyarakat Manggarai Barat maupun diluar Manggarai Barat. Apalagi media online ini hadir ditengah persaingan dan gencarnya proses pembangunan di Manggarai Barat. Selain itu, tentu kehadiran media online baru ini tentu akan memberikan pilihan kepada masyarakat khususnya pengguna internet melalui hp android. Jika selama ini banyak informasi yang disuguhkan kepada masyarakat oleh beberapa media cendrung menyudutkan pihak-pihak tertentu dan berpihak pada kepentingan tertentu, maka media baru ini harus memberikan sudut pandang yang lain dengan menjunjung tinggi prinsip dan etika Jurnalistik. Setidaknya masyarakat diberikan informasi yang baik dan benar.

Jika demikian, apa kira-kira yang dibutuhkan sebuah media baru?

Seperti yang telah saya sampaikan tadi, media baru ini (padarnews.com; red) harus konsisten menerapkan kode etik jurnalistik dan pedoman media cyber yang telah dikeluarkan oleh lembaga Dewan Pers Indonesia, termasuk wartawannya harus patuh dan taat pada kode etik. Jangan sampai Wartawannya itu bebas dan tidak pernah berpikir bahwa mereka memililiki kode etik. Karena pada prinsipnya masyarakat sebagai pembaca itu, senang saja mendapatkan dan membaca berita tanpa berpikir apakah wartawan sudah bekerja sesuai kode etik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *