Ditaksir 50 ha Lahan di Sekitar Bandara Komodo Hangus Terbakar

oleh -348 views
Lokasi Kebakaran lahan sekitar 50 ha di Golo Tedeng wilayah Kelurahan Labuan Bajo Kecamatan Komodo. Kebakaran ini terjadi pada, Sabtu (08/07). (Foto: Adrian)
Share :

LABUAN BAJO-Lahan yang ditaksir seluas 50 ha di Golo (bukit) Genang Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo pada Sabtu (8/7) siang hangus terbakar. Lokasi kebakaran yang terjadi tidak jauh dari Landasan Bandar Udara Komodo, diduga akibat ulah orang yang tidak bertanggung jawab.

Lurah Labuan Bajo, Syarifudin Malik kepada Padarnews.com menjelaskan peristiwa kebakaran yang telah menghanguskan sekitar 50 ha, diperkirakan terjadi pada pukul 12.45 Wita. Informasi berawal dari Danramil 1612-02 Komodo, Kapten Sulaiman  dan Camat Komodo, Abdullah Nur, SIP., bahwa ada api yang menyala di salah satu bukit di sekitar Bandar Udara Komodo Labuan Bajo. “Saya ditelpon oleh Danramil dan Camat Komodo, kalau di sekitar Bandara Komodo ada titik api  yang mencurigakan,” jelasnya.

Selanjutnya dari Informasi tersebut jelas Lurah Syarif, pihaknya melakukan koordinasi dengan aparat TNI dan Polri (Babinsa dan Babin Kamtibmas) untuk selanjutnya menuju titik api. Dan setelah dicek ternyata benar ada api yang sudah mulai menjalar golo genang. “Sekitar pukul 13.00 kami bersama Babinsa dan Babinsa Kamtibmas  tiba di lokasi kebakaran dan berusaha memutus jalur api dengan peralatan seadanya,” jelas Syarif.

Agar api tidak menjalar, kami melakukan pemadaman secara manual. Tetapi karena angin yang kencang dan kondisi tumbuhan di sekitar lokasi yang kering akibat kemarau, kami kesulitan. Api menjalar begitu cepat. “Lahan yang terbakar saat ini diperkirakan 50 ha lebih, dan jika tidak segera ditangani api terus melebar,” katanya.

Menurut Lurah, yang dikhawatirkan adalah api terus menjalar hingga ke jalan yang bersebelahan dengan Bandar udara Komodo Labuan Bajo. Dan jika ini yang terjadi tentu akan mengganggu aktivitas penerbangan. Karena itu dirinya berharap, agar semua pihak membantu memadamkan api tersebut.

Dijelaskankannya, penyebab kebakaran diduga oleh orang yang tidak bertanggung jawab. “Saya menduga, memang ada pihak yang sengaja membakar tumbuhan yang didominasi rumput liar di Golo Tedeng.  Dan kami bersama aparat TNI dan Polri akan mencari tahu siapa pelaku pembakaran lahan tersebut. Karena Perbuatan orang tersebut berpotensi mengganggu keamanan di Labuan Bajo yang selama ini kita sangat tentram,” katannya.

Sedana dengan Lurah, Anggota TNI, Sersan Mayor Marten Dula yang turut berada di lokasi dan membantu memadamkan api yang terus menjalar menjelaskan, pihaknya akan bersama pihak Kelurahan Labuan Bajo mencari pelaku.

Menurut dia, orang yang melakukan pembakaran lahan di golo Tedeng ini tidak boleh dibiarkan. “Kami siap membantu pihak Kelurahan Labuan Bajo untuk mencari tahu pelaku pembakaran,” tegasnya.

Hingga berita ini diturunkan, api terus menjalar dengan cepat. Belum ada bantuan seperti Mobil Pemadam (Damkar) ke lokasi kebakaran. Selain itu, belum ada pernyataan dari Otoritas Bandara Komodo, apakah kebakaran lahan ini menganggu aktivitas Bandara Komodo.

Komentar