Peringati Bulan Bahasa dan Sastra, SMA Widya Bhakti Ruteng Gelar Berbagai Lomba

oleh -374 views
Patrisius Mbeko, salah seorang siswa peserta Lomba Puisi
Share :

RUTENG-SMA Widya Bhakti Ruteng, Kabupaten Manggarai menggelar berbagai macam lomba menjelang kegiatan bulan Bahasa dan Sastra yang diperingati setiap Bulan Oktober. Bahkan peringatan bulan bahasa dan sastra ini sudah masuk dalam kalender akademik salah satu sekolah swasta tertua di Manggarai ini setiap tahun.

“Acaranya dimulai sejak 23 Oktober 2017 hingga 28 Oktober 2018. Dan ini sudah menjadi kegiatan rutin disekolah kami ini,” ujar Ketua Panitia Bulan Bahasa dan Sastra 2017 SMA Filipus Neri Sampur dalam keterangannya, Kamis (26/10).

Seperti diketahui, bulan Oktober dipilih sebagai bulan Bahasa dan Sastra merujuk pada sejarah bangsa. Pada bulan ini, tepatnya 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Dan saat itu, ditetapkan pula bahasa resmi yang digunakan untuk bermasyarakat, yakni Bahasa Indonesia.

Kegiatan bulan bahasa dan sastra ini jelasnya di isi dengan berbagai perlombaan ekstrakurikuler. Adapun lomba-lomba yang diadakan yaitu Lomba Pidato, Baca Puisi, Story Teling, Vokal Solo, Mading Kelas dan paduan suara yang melibatkan semua siswa Widya Bhakti Ruteng.

Selain untuk memperingati bulan Bahasa dan Sastra, kegiatan ini juga digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 20 Oktober 2017 ini. “Tentu kegiatan ini pada gilirannya meningkatkan dan mengembangkan bakat para siswa,” jelas Willy.

Willy mengaku, penampilan para siswa dalam ajang ini luar biasa. Para siswa tampil percaya diri serta memperlihatkan kemampuan secara maksimal sehingga berhasil mencuri perharian juri. “Setiap peserta tampil dengan memukau lengkap dengan pendukungnya masing-masing,” imbuhnya.

Menurut Willy, para juri kegiatan lomba tersebut adalah guru-guru SMA Widya Bhakti Ruteng yang berkompeten dalam bidangnya.

Dia berharap, dengan adanya kegiatan ini para pelajar SMA Widya Bhakti Ruteng bisa mengetahui bahwa setiap Bulan Oktober memperingati bulan bahasa dan sastra yang sudah masuk kalender akademik sekolah.

Para siswi Peserta Lomba Paduan Suara

Disamping itu, hajatan ini juga bertujuan agar para pelajar SMA Widya Bhakti lebih mencintai Bahasa Indonesia sebagai media ekspresi, komunikasi dan media menjalin persatuan dan kesatuan antar pelajar yang ada di Kabupaten Manggarai.

Sejak Tahun 2007 lalu terangnya, SMA Widya Bhakti Ruteng rutin melakukan lomba-lomba untuk memperingati bulan bahasa. Kegiatan ini sebagai ajang untuk mengembangkan bakat siswa. “Oleh sebab itu, lomba yang diadakan berhubungan dengan bahasa dan sastra. Semoga dengan adanya kegiatan bulan bahasa ini bisa menumbuhkan lagi minat baca dan kecintaan siswa dan siswi SMA Widya Bhakti Ruteng,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala SMA Widya Bhakti Ruteng, Abur Pinianus dalam sambutannya pada pembukaan lomba pidato mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan budaya membaca dan bebas literasi.

“Selanjutnya kegiatan perlombaan pidato juga merupakan sebuah upaya mengingatkan kembali pasal 36 UUD 1945 yang menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan,” pungkasnya.

 

Komentar