Esthon-Christ Disambut ‘Manuk Kapu’ dan ‘Tuak Curu’

oleh -309 views
Upacara adat menyambut Esthon Foenay dan Christian Rotok
Share :

RUTENG-Pasangan bakal Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub), NTT 2018, Esthon Foenay-Christian Rotok disambut dengan upacara penjemputan khas Manggarai berupa ‘tuak curu’ dan ‘manuk kapu’ begitu keduanya tiba di pelataran Gedung Assumpta Ruteng.

Para tua adat dengan berpakaian khas Budaya Manggarai menyambut Esthon-Christ dengan menyerahkan seekor ayam jantan (manuk kapu) dan sebuah ‘Robo Tuak’ (tuak curu).

“Reweng dami te kapu agu naka ite Ema dami Esthon-Chris,” tutur tua adat Frans Tagung dan Raimundus Nuruk dan para tetua adat lainnya begitu Esthon-Christ tiba di pelataran Gedung Assumpta Ruteng.

Tuak curu dan manuk kapu dalam tradisi masyarakat Manggarai merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan untuk para tamu yang dengan ketulusan dan kebesarannya  mau bertemu dan hidup bersama dengan masyarakat setempat.

Selain para tokoh adat dan masyarakat se- Langke Rembong, Ruteng hadir pula para tokoh dari Kabupaten Ngada, Manggarai Barat (Kuwus dan Lembor), Manggarai Timur (Mano, Bea Laing, Borong), Reo, Reo Barat, Satar Mese, Satar Mese Barat.

Antusiasme pendukung terhadap Esthon-Christ sangat tinggi. Para pendukung dan simpatisan yang sejak pagi berkumpul di Aula Assumpta terus menerikan yel-yel kemenangan Esthon-Christ.

Pekikan kemenangan terus disuarakan hingga pasangan Esthon-Christ tiba di gedung Assumpta tepat pukul 10.00 WITA Jumat, (10/11).

“Merata di seluruh wilayah NTT. Itulah janji pembangunan yang diusung oleh paket Esthon-Christ jika terpilih jadi pimpinan NTT nanti,” pekik Merry Ompong selaku MC.

Selain parade budaya, acara deklarasi Esthon-Christ ini juga dihibur oleh Band Donni Ambang dan saudara.

Penampilan band papan atas Manggarai ini menyedot perhatian ribuan hati massa pendukung Esthon-Christ yang berjubel di dalam Gedung Assumpta Katedral Ruteng.

Acara deklarasi ini juga dihibur oleh seorang siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) asal Borong, Aldi Juara III Nasional Lomba Vokal Kategori SLB. Bocah kecil yang matanya buta ini adalah juara III Nasional Lomba Paduan Suara Tingkat SLB.

Selain ribuan massa pendukung hadir pula Bupati Manggarai, Deno Kamelus yang juga sekaligus Ketua DPD PAN Manggarai, Kapolres Manggarai AKBP Marselinus Sarimin Karrong, Kajari Ruteng Sukoco, Pius Lustrilanang Wakil Ketua Komisi IX, Christo Loko Ketua DPRD dan DPD PAN Ngada bersama rombongan serta para tokoh masyarakat dan tokoh agama lainnya.

Komentar