Sambutan Istimewa Untuk Yos Biron Yang Bikin Merinding

oleh -161 views
Warga Poco Ranaka antusias mendengarkan pemaparan program paket TABIR
Share :

BORONG-Calon Wakil Bupati Manggarai Timur, Yos Biron Aur mendapat sambutan istimewa di beberapa titik lokasi kampanye paket Tarsisius Syukur-Yoseph Biron Aur (TABIR) putaran Pertama Zone Empat wilayah Poco Ranaka dan Poco Ranaka Timur.

Sambutan yang luar biasa ini lantaran Yos Biron memiliki jasa terhadap pambangunan infrastruktur jalan maupun pada bidang pertanian bagi masyarakat Kecamatan Poco Ranaka saat menjabat sebagai Camat Poco Ranaka, Kabupaten Manggarai (sebelum pemekaran-red).

Rosa Setia (64) perempuan paruh baya warga asal Desa Rengkam, Kecamatan Poco Ranaka Timur, menangis terharu karena kembali bertemy dengan mantan camat Poco Ranaka Yoseph Biron Aur. Di daerah ini, Yos Biron menjabat selama delapan tahun itu.

Rosa terharu lantaran sejak tahun 1986 silam tak pernah lagi bersua dengan Yoseph Biron Aur. Namun Tuhan punya rencana lain. Kini diumurnya yang memasuki usia 64 tahun, ia kembali bertemu dengan Yoseph Biron.

“Aku nuk kin Bapa Yoseph Biron. Ai danong hia ata buka salang agu toing weri (Saya masih ingat Yoseph Biron. Dulu beliau pernah membuka jalan dan mengajari kami bercocok tanam, red)”, ucap Rosa sambil meneteskan air mata.

Warga lainnya mengucapakan terima kasih kepada Calon Wakil Bupati Manggarai Timur Yoseph Biron Aur dari pasangan yang dikenal dengan tagline TABIR itu, karena telah menemui mereka pada tahapan kampanye putaran pertama zona IV di Desa Rengkam, Sabtu, (17/03).

“Sejak tahun 1982 saya tidak bertemu lagi dengan Pak Yoseph Biron. Saat itu Pak Yoseph membuka jalan dari Mawe hingga Rengkam,” kata Stanis Wahi saat bertemu dengan Yoseph Biron pada kampanye di Rengkam, Sabtu, (17/03).

Stanis berkisah, saat menjabat sebagai Camat Poco Ranaka yang waktu itu masih wilayah administrasi Kabupaten Manggarai, Yoseph Biron juga mengajarkan petani bagaimana bercocok tanam yang benar.

“Kami diajarkan bagaiamana menanam pisang, kemiri, coklat, kopi dan tanaman lainnya saat itu. Walaupun wataknya yang terkesan keras namun kami warga rengkam memetik hasilnya dengan bangga,” ungkap Stanis.

Lorens Jon Warga lain di Desa Compang Laci, Kecamatan Pico Ranaka Timur mengungkapkan Yoseph Biron adalah tokoh yang membangun jalan raya Rengkam hingga Compang Raci tepatnya pada tahun 1986.

“Saat itu saya masih SD. Saya masih ingat Yoseph Biron memimpin masyarakat membuka akses jalan Rengkam hingga Wejang Raci,” kata Lorens

Yoseph Biron, dalam kesempatan itu mengaku bangga terhadap masyarakat di wilayah kecamatan itu karena jalan raya yang dibangunnya kini masih dirawat dengan baik oleh masyarakat.

“Saya bangun persimpangan emas tepatnya di Rana Laco, yang menghubungkan Desa Wejang Mawe ke dari Desa Arus, Ulu Wae, Benteng Rampas. Kini jalan itu masih ada”, kata Yiseph Biron.

“Saya menangis ketika melintasi jalan tersebut. Teringat kembali pada zaman itu, masyarakat mengerjakan jalan dengan peralatan seadanya. Kini jalan itu masih terawat dengan baik, meninggalkan tetesan keringat perjuangan masyarakat Poco Ranaka saat itu”, tutur Yoseph Biron.

Untuk diketahui, Yoseph Biron pernah menjabat sebagai Camat Poco Ranaka, Kabupaten Manggarai selama delapan tahun saat Manggarai belum mekar menjadi tiga Kabupaten.

Kini Kecamatan Poco Ranaka dimekarkan kembali menjadi dua Kecamatan yaitu, Poco Ranaka dan Poco Ranaka Timur Kabupaten Manggarai Timur. “Jujur, saya merinding mendapatkan sambutan warga yang sangat luar biasa ini. Terima kasih banyak untuk sambutan yang sangat istimewa ini,” pungkas Yos Biron.

Komentar