KPM: Penghargaan Kepada Musisi

oleh -358 views
Share :

Oleh: Gabriel Mahal

Di tengah miskinnya penghargaan/apresiasi kepada musisi tanah air, khususnya kepada para musisi daerah, Komunitas Perempuan Manggarai (KPM) memberikan penghargaan/apresiasi kepada musisi senior, pencipta lagu pop Manggarai, Kraeng Edy Ngambut.

Apresiasi KPM ini diberikan kepada pencipta lagu “Tenang Tana Ge” dalam acara Pentas Seni Budaya Manggarai bertajuk “Pati Ati Cahir Nai” pada hari Sabtu (12/5) di Gedung Auditorium Yustinus Unika Atmajaya, Jakarta. Lagu “Tenang Tana Ge” yang dalam acara tersebut dinyanyi Kraeng Edy Ngambut dan KPM, adalah lagu pertama yang diciptakan Kraeng Edy kurang lebih tiga puluh tahun lalu saat Kraeng Edy tinggal di Jakarta.

Lewat lagu itu Kraeng Edy mengaktualisasikan kewajiban dan tanggung jawabnya sebagai musisi, pencipta lagu, seperti diungkapkan pencipta, penyanyi, gitaris Amerika James Taylor, bahwa musisi memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk berbagi cinta dan penderitaan Anda kepada orang lain. Dengan menyanyikan lagu “Tenang Tana Ge” itu, Anda berbagi cinta dan derita kerinduan kepada tanah Manggarai, tanah kelahiran Anda.

Keindahan yang sejati dari musik adalah musik itu menghubungkan manusia satu dengan lainnya, membawa pesan, dan para musisi itu adalah pembawa pesan (messengers). Begitu kata Roy Ayers, musisi jazz, soul, funk Amerika yang dijuluki sebagai “The Godfather of Neo Soul”. Lewat lagu-lagu karya ciptanya, Kraeng Edy menghubungkan orang Manggarai yang satu dengan yang lainnya, dan membawa pesan dalam syair lagu-lagu Mangggarai ciptaannya.

Musik itu penting bagi kehidupan manusia. Tanpa musik, Kata Friedrich W. Nietzsche, filsuf Jerman, kehidupan itu suatu kesalahan. Filsuf Yunani Plato bahkan mengatakan, musik itu memberikan jiwa kepada semesta, memberi sayap kepada pikiran, terbang ke imajinasi, dan memberikan kehidupan kepada segalanya. Dan pemain cello dan komponis top asal Spanyol, Pablo Casals, bilang, musik merupakan cara kudus untuk mengatakan hal-hal keindahan dan puitik ke hati manusia.

Komentar