DPRD Minta Bupati Mabar Lantik Sebas Wantung Jadi Sekda

oleh -98 views
Wakil Ketua DPRD Manggarai Barat, Marselinus Jeramun
Share :

LABUAN BAJO-Keberadaan Sekretaris Daerah (Sekda) definif di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah mendesak, terutama menjelang pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) 2021.

Karena KUA-PPAS adalah dokumen anggaran yang dibuat oleh Sekda untuk disampaikan kepada Kepala Daerah sebagai pedoman dalam penyusunan APBD 2021.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Marselinus Jeramun, SE., di ruang kerjanya usai Sidang Paripurna, Jumat (10/07).

“Saya pikir, Sekda di Kabupaten Manggarai Barat harus segera dilantik. Apalagi proses seleksinya sudah dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku,” tegas politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Manggarai Barat ini.

Dijelaskannya, sejak awal tahun 2020 posisi Sekda Manggarai Barat dijabat seorang Penjabat yakni , Ismail Surdi, S.PKP, karena Sekda sebelumnya telah memasuki masa pensiun.
Sesuai Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2018, Penjabat Sekda diangkat untuk melaksanakan tugas Sekretaris Daerah yang berhalangan melaksanakan tugas karena Sekretaris Daerah tidak bisa melaksanakan tugas dan atau terjadi kekosongan Sekretaris Daerah.

Selanjutnya Sekretaris Daerah menurut Perpres ini dinyatakan tidak bisa melaksanakan tugas karena 2 hal yakni mendapat penugasan yang berakibat Sekretaris Daerah tidak dapat melaksanakan tugas dan fungsinya paling singkat 15 (lima belas) hari kerja dan kurang dari 6 (enam) bulan, serta menjalankan cuti selain cuti di luar tanggungan negara.

Menurut Aktvis 98 ini, Sekda memiliki peran yang sangat strategis dalam mengatur anggaran.
Tujuannya agar pelaksanaan program pembangunan dapat berjalan dengan baik sesuai target. Apalagi dengan besarnya APBD Kabupaten Manggarai Barat harus dikelola dengan baik sebagai bentuk pembangunan daerah yang merata.

Perencanaan dan pengorganisasian yang baik di lintas sektor pembangunan daerah, harus berjalanan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.
Selanjutnya Ketua Almuni Universitas Widya Mandala Surabaya Wilayah Timur ini mengomentari soalnya belum dilantiknya Sekda definitif Manggarai Barat, Ir. Sebastianus Wantung, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD).

Komentar