Bupati Mabar Resmikan Pengoperasian PLTD di Pulau Rinca

oleh -218 views
Bupati Mabar, Agustinus Ch Dula
Share :

LABUAN BAJO-Bupati Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Drs. Agustinus Ch. Dula meresmikan Pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Pulau Rinca dan Komodo, Senin (27/07/2020) pagi.

PLTD yang dibangun PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) akan beroperasi selama 24 Jam.

Peresmian PLTD diawali dengan acara seremonial yang dipandu oleh pihak PLN sendiri.

Dalam sambutan, Bupati Mabar, Gusti Dula menyebut Listrik memiliki manfaat yang sangat penting dalam kehidupan.

“Listrik memiliki manfaat yang sangat penting dalam kehidupan moderen.,” demikian Bupati dalam sambutannya.

Menurut Bupati Gusti Dula, dewasa ini listrik bisa dikatakan sebagai salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

Alasannya, Listrik tidak hanya memberikan kemudahan dalam rumah tangga tetapi juga sangat berperan dalam menunjang jalannya roda perekonomian, pemerintahan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Oleh karena pentingnya manfaat listrik tersebut, maka upaya-upaya dalam rangka memenuhi kebutuhan listrik masyarakat termasuk melalui pembangunan PLTD patut diapresiasi dan dukung bersama.

“Saya yakin, setelah peresmian ini akan terjadi perubahan peningkatan perekonomian rakyat di Pulau Rinca dan Komodo,” tandasnya.

Selanjutnya Bupati berpesan agar PLTD yang akan beroperasi tersebut dikelola dengan sebaik-baiknya.

“Dengan adanya listrik 24 jam, tentunya akan berpengaruh positif bagi kemajuan masyarakat setempat, terutama dalam mendorong perekonomian,” ungkapnya.

Tidak lupa Bupati Gusti Dula menyampaikan terima kasih khusus kepada PT. PLN Pusat, atas perhatin yang sangat besar untuk Kabupaten Manggari Barat.

Atas nama warga masyarakat di Pulau Rinca dan Komodo, saya sampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini PT. PLN (persero) yang telah memberikan perubahan di Pulau Rinca ini, dari Listrik Tenaga Surya, menjadi listrik diesel 24 jam yg bisa dinikmati oleh masyarakat,” ucapnya.

Selain peresmian pengoperasian PLTD, juga dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara pihak PT. PLN dengan SMKN 2 Tana Dereng.

Dalam MoU tersebut, pihak PT. PLN akan memberikan Pelajaran tentang Listrik di SMKN 2.

Komentar